Dikbud dan Kemenag Sulawesi Tenggara Kerja Sama Penguatan Moderasi Beragama di Sekolah

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Rabu, 29 November 2023
0 dilihat
Dikbud dan Kemenag Sulawesi Tenggara Kerja Sama Penguatan Moderasi Beragama di Sekolah
Kadis Dikbud Sulawesi Tenggara melakukan penandatanganan kerja sama dengan Kakanwil Kemenag Sulawesi Tenggara tentang moderasi beragama di sekolah. Foto: Ist.

" Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulawesi Tenggara menjalin kerja sama dengan Kementerian Agama Sulawesi Tenggara guna penguatan moderasi beragama pada sekolah di tingkat SMA/SMK sederajat "

KENDARI, TELISIK.ID - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sulawesi Tenggara menjalin kerja sama dengan Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Tenggara guna penguatan moderasi beragama pada sekolah di tingkat SMA/SMK se-Provinsi Sulawesi Tenggara.

Kegiatan ini dirangkai dengan penguatan karakter pancasila bagi siswa-siswi se-Sulawesi Tenggara, yang turut dihadiri oleh Kabid Pendidikan Madrasah, Sitti Mardawiah Kasim, Ketua Tim Kerja Kerukunan Umat Beragama, Abd. Rahman Jaya, Pejabat Administrator Dikbud dan Tim Legal Kemendagri. 

Kadis Dikbud Sulawesi Tenggara, Yusmin mengatakan, penandatanganan MoU penguatan moderasi beragama bagi siswa Sekolah Menengah Atas disaksikan Forum Komunikasi Osis (FKO) kabupaten/kota se-Sulawesi Tenggara dan siswa berprestasi sebagai Duta SMA. 

Baca Juga: Dikbud Sulawesi Tenggara Dukung Seluruh Sekolah Terapkan Merdeka Belajar Tahun 2024

Yusmin menyebut, sengaja menghadirkan Pengurus Osis dan Duta SMA agar mereka dapat menjadi contoh bagi siswa yang lain bahwa prestasi harus selalu dikedepankan, tetapi juga kita punya karakter Pancasila dan dirangkai dengan penguatan moderasi beragama agar toleransi umat beragama di setiap tingkatan dapat terjalin dengan baik. 

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulawesi Tenggara menjalin kerja sama dengan Kanwil Kemenag dalam penguatan moderasi beragama bagi siswa Sekolah Menengah Atas se-Sulawesi Tenggara. Foto: Wa Ode Ria Ika Hasana/Telisik

 

"Tidak ada lagi perbedaan suku, agama, ras, tetapi kita semua sama sebagai siswa-siswi Sulawesi Tenggara, dan jika ini kita tanamkan, yakinlah bahwa generasi emas berada di tangan anak-anak sekalian," ujarnya. 

Dia menambahkan, para siswa yang hadir saat ini akan menjadi duta-duta moderasi beragama di setiap kabupaten/kota se-Sulawesi Tenggara, sehingga toleransi, moderasi akan terus dipelihara di masa-masa yang akan datang. 

Dalam sambutannya, Kakanwil Kemenag Sulawesi Tenggara, Muhamad Saleh, menyebut bahwa penandatanganan kerja sama yang dilakukan saat ini dalam rangka penguatan moderasi beragama secara masif di tingkat SMA/SMK/SLB di bawah koordinasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tenggara. 

Baca Juga: Kepala Dinas Dikbud Sulawesi Tenggara: Siswa Harus jadi Pemilih Cerdas

Hal ini dianggap sangat penting untuk dilakukan, terlebih lagi program penguatan moderasi beragama bukan hanya tanggung jawab Kementerian Agama, namun menjadi tanggung jawab seluruh kementerian/lembaga, termasuk pemerintah daerah yang ada di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

"Semoga dengan MoU yang kita lakukan ini, ke depannya bisa lebih masif lagi termasuk kegiatan yang dilaksanakan saat ini tentang penguatan karakter Pancasila menjadi bagian dari penguatan moderasi beragama yang salah satu indikatornya adalah komitmen kebangsaan kita," ungkap Saleh. 

Dia menambahkan, mudah-mudahan siswa semua dapat menjadi duta-duta moderasi beragama di sekolahnya masing-masing. Saling berangkulan dan bergandengan karena Sulawesi Tenggara ini bukan milik satu golongan dan etnis tertentu, tetapi milik bersama, rawat harmoni dalam keberagaman. (B-Adv)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga