Tips Cumlaude dan Berprestasi Selama Kuliah Ala Duta Muda Asean 2019

Musyrifa Sya’adah, telisik indonesia
Selasa, 17 Januari 2023
0 dilihat
Tips Cumlaude dan Berprestasi Selama Kuliah Ala Duta Muda Asean 2019
Kharel seorang Duta Muda Asean 2019, membagikan tipsnya untuk meraih prestasi dan predikat cumlaude selama berkuliah. Foto: Ist.

" Muhammad Khaerul Rijal (24), merupakan seorang alumni Jurusan Komunikasi Universitas Halu Oleo (UHO) yang lulus dengan predikat cumlaude dan memiliki segudang prestasi hingga ke tingkat internasional "

KENDARI, TELISIK.ID - Muhammad Khaerul Rijal (24), merupakan seorang alumni Jurusan Komunikasi Universitas Halu Oleo (UHO) yang lulus dengan predikat cumlaude dan memiliki segudang prestasi hingga ke tingkat internasional.

Semasa ia berkuliah mulai dari tahun 2017 hingga lulus di tahun 2021, dirinya gemar sekali mengikuti berbagai kegiatan yang tentunya bernilai positif. Kharel (nama sapaan) yang berasal dari Kabupaten Kolaka ini aktif di berbagai kegiatan, mulai dari kompetisi, organisasi hingga volunteer.

Di mulai pada 2018, Kharel mengikuti pemilihan duta muda memilih yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tenggara, tujuannya untuk mencari pemuda-pemudi guna mensosialisasikan pentingnya demokrasi di kalangan anak muda. Hal itu adalah kompetisi pertama yang diikutinya saat masuk kuliah dan ia berhasil keluar sebagai Runner Up.

Baca Juga: MAN IC Kendari Buka Penerimaan Peserta Didik Baru

Di tahun yang sama juga, ia berhasil meraih juara 1 lomba karya tulis ilmiah Alquran mewakili kabupatennya. Setelah memenangkan pertandingan tersebut, Kharel kemudian mengikuti pertandingan MTQ tingkat provinsi yang dilaksanakan di Buton Utara waktu itu. Dari 17 kabupaten/kota dirinya berhasil meraih juara 4.

Masih di tahun yang sama, Kharel akhirnya mendaftarkan diri untuk mengikuti beasiswa unggulan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang memberi kesempatan bagi setiap mahasiswa yang berprestasi atau bertalenta unggul, Kharel kembali membuktikan kemampuannya, ia menjadi salah satu mahasiswa yang menerima tersebut.

Tahun 2019 adalah tahun yang paling berkesan baginya, pasalnya di tahun tersebut ia mengikuti pemilihan Duta Muda Asean, dari 1000 lebih pemuda hebat di seluruh Indonesia yang ikut mendaftar, hanya 20 orang yang terpilih dan salah satunya adalah Kharel yang mewakili Sulawesi Tenggara. Kharel pun, kemudian bertugas mewakili Indonesia di berbagai perhelatan baik tingkat nasional, regional maupun internasional.

Pada tahun 2020, Kharel akhirnya dinobatkan menjadi mahasiswa berprestasi UHO dan menjadi perwakilan kampus di tingkat nasional. Pada wisuda periode November 2021 dirinya akhirnya lulus dengan IPK yang memuaskan yakni 3.76 dengan masa studi 4 tahun.

Menurut Kharel, saat ini persaingan semakin ketat, untuk itu mahasiswa setelah lulus dari kampus bukan hanya membawa ijazah saja melainkan harus memiliki soft skill yang dapat diambil dari berbagai pengalaman baik kompetisi, organisasi maupun magang.

“Jangan pernah berpikir untuk tidak mengambil berbagai kegiatan tambahan diluar kampus karena takut kuliah terbengkalai,” ungkapnya.

Baca Juga: 7 Universitas Terbaik dan Terfavorit di Sulawesi

Kharel juga membagikan tips untuk dapat berprestasi dan meraih predikat cumlaude. Pertama, memotivasi diri sendiri bahwa mau dan mampu menjadi mahasiswa berprestasi baik di bidang akademik maupun non akademik. Kedua, manajemen waktu yang baik. Terakhir adalah konsisten untuk menjaga motivasi, manajemen waktu, dan tidak mudah dipengaruhi lingkungan yang tidak baik.

Tak hanya itu saja, Kharel pun nyatanya banyak membantu mahasiswa lainnya untuk dapat berprestasi seperti dirinya, salah satunya yakni Febry yang merupakan juniornya sekaligus anak binaannya.

Menurut Febry, Kharel adalah sosok berprestasi yang tidak pelit ilmu dengan seringnya ia membagikan ilmu yang dimilikinya. (B)

Penulis: Musyrifa Sya’adah

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga