Dikbud Sulawesi Tenggara Galakkan Penanaman Serentak dan Kembali Raih Rekor MURI

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Selasa, 12 Desember 2023
0 dilihat
Dikbud Sulawesi Tenggara Galakkan Penanaman Serentak dan Kembali Raih Rekor MURI
Pj Gubernur Sulawesi Tenggara, Andap Budhi Revianto, meraih Rekor MURI program ketahanan pangan sekolah. Foto: Ist.

" Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sulawesi Tenggara sukses menggelar gerakan menanam 2.738.485 bibit tanaman pangan, hortikultura serentak se-Sulawesi Tenggara "

KENDARI, TELISIK.ID - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sulawesi Tenggara sukses menggelar gerakan menanam 2.738.485 bibit tanaman pangan, hortikultura serentak se-Sulawesi Tenggara.

Penanaman ini dilakukan dengan melibatkan 3.000 siswa SMA/SMK dan SLB se-Sulawesi Tenggara yang dipusatkan di SMKN PP 5 Konawe. Penanaman ini diikuti dengan antusias oleh siswa dan guru.

Pj Gubernur Sulawesi Tenggara, Andap Budhi Revianto mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari memeriahkan peringatan Hari Guru 2023 sekaligus juga program ketahanan pangan sekolah untuk berkontribusi untuk membantu memenuhi kebutuhan pangan di Sulawesi Tenggara.

Kadis Dikbud Sulawesi Tenggara, Yusmin mengungkapkan, aksi penanaman ini sebagai tindak lanjut arahan Pj gubernur dalam upaya mengendalikan dan menekan angka inflasi dan mencegah stunting. Melalui program gerakan ketahanan pangan (ketapang) masuk sekolah yang melibatkan guru dan siswa SMA, SMK dan SLB, dapat berkontribusi dalam pengendalian inflasi daerah dan juga stunting.

Baca Juga: Dikbud Sulawesi Tenggara Optimalkan Platform Merdeka Mengajar

Penanaman ini dilakukan secara serentak pada 418 sekolah yakni SMA, SMK, dan SLB di Sulawesi Tenggara yang melibatkan 13.562 guru dan 117.175 siswa. Total luas lahan sekolah yang digunakan mencapai 719.645 m2. Hasil program ketahanan pangan di sekolah nantinya akan dinikmati sendiri oleh masyarakat khususnya di lingkungan sekolah.

Kadis Dikbud Sulawesi Tenggara, Yusmin (kanan kedua) saat menemani Pj Gubernur memegang Andap Budhi Revianto (tengah) usai penanaman pohon serentak oleh siswa SMA se-Sulawesi Tenggara. Foto: Ist.

 

"Ini upaya kita mengendalikan inflasi dan juga stunting," bebernya pada awak media, Sabtu (25/11/2023).

Baca Juga: Dikbud Sulawesi Tenggara Dukung Siswa SMK Kreatif dan Siap Kerja

Penanaman serentak ini juga mendapat rekor MURI. Penghargaan ini diberikan langsung Direktur Museum Rekor-Dunia Indonesia (Muri), Awan Rahargo yang ditandai dengan penganugerahan piagam penghargaan kepada Pj Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto atas rekor "Penggagas Penanaman Bibit Sayur Serentak oleh Peserta Terbanyak".

Siswa sekolah saat mengikuti aksi penanaman pohon serentak yang digelar oleh Dikbud Sulawesi Tenggara. Foto: Ist.

 

Usai upacara peringatan Hari Guru, Andap juga menyerahkan beasiswa bagi 100 siswa berprestasi dan fasilitas pendukung mengajar berupa laptop bagi 20 guru berprestasi.

Turut menyaksikan Pj Bupati Konawe Harmin Ramba beserta jajaran, pimpinan BI Perwakilan Sulawesi Tenggara, Kadis Dikbud Sulawesi Tenggara, Yusmin, dan sejumlah Kepala OPD lingkup pemprov Sulawesi Tenggara. (B-Adv)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga