Dikbud Sulawesi Tenggara Dukung Siswa SMK Kreatif dan Siap Kerja

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Senin, 11 Desember 2023
0 dilihat
Dikbud Sulawesi Tenggara Dukung Siswa SMK Kreatif dan Siap Kerja
Siswa SMKN 3 Kendari praktik program keahlian tata boga. Foto: Repro smkn3kdi.id

" Program Merdeka Belajar memacu siswa untuk memiliki inovasi, kreatifitas yang pada akhirnya ketika siswa selesai belajar atau tamat, siap kerja dan membuka lapangan kerja "

KENDARI, TELISIK.ID - Penerapan kurikulum Merdeka Belajar di seluruh SMA/SMK sederajat di Sulawesi Tenggara, terus dikembangkan. Hal ini bertujuan untuk menciptakan pelajar yang berkarakter, berakhlak, inovatif dan kreatif.

Kurikulum Merdeka adalah kurikulum yang diterapkan pada jenjang pendidikan SMA/SMK, dengan kegiatan belajar mengajar yang lebih fleksibel, mulai dari segi alokasi waktu hingga materi pelajaran, tapi tetap berfokus pada materi esensial, pengembangan karakter, dan kompetensi peserta didik.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sulawesi Tenggara menunjukkan komitmen dan peran aktifnya, dalam memastikan keberhasilan implementasi kurikulum yang mengedepankan konsep pembelajaran yang lebih fleksibel dan adaptif, sesuai dengan perkembangan zaman.

Baca Juga: Dikbud Sulawesi Tenggara Dukung Siswa SMK Tunjukkan Kreativitas Desain Seragam Sekolah

Dengan dukungan penuh dari pihak Dikbud Sulawesi Tenggara, diharapkan penerapan kurikulum Merdeka Belajar dapat memberikan dampak positif dalam mencetak generasi yang lebih kreatif, inovatif, dan siap menghadapi tantangan global di era yang terus berkembang.

Gedung Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 3 Kendari, mencetak siswa siap kerja. Foto: Repro smkn3kdi.id

 

Kepala Dinas (Kadis) Dikbud Sulawesi Tenggara, Yusmin mengatakan, program Merdeka Belajar memacu siswa untuk memiliki inovasi, kreatifitas yang pada akhirnya ketika siswa selesai belajar atau tamat, siap kerja dan membuka lapangan kerja.

“Saya sampaikan kepada seluruh kepala sekolah bahwa anak-anak SMK tidak dilahirkan menjadi kuli, tetapi dilahirkan jadi pengusaha muda,” ujar Yusmin.

Ia menyampaikan kepada para kepala sekolah SMK untuk mulai menciptakan siswa SMK yang kreatif dan siap kerja.

Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sulawesi Tenggara, Yusmin. Foto: Ist.

 

“SMK bisa, bukan lagi hanya slogan tetapi bisa kita praktikkan,” ujarnya.

SMKN 3 Kendari telah menerapkan kurikulum Merdeka Belajar pada proses pembelajaran. SMK ini memfokuskan pada pendidikan dan pelatihan yang diperlukan dalam bidang pariwisata.

Baca Juga: Kadis Dikbud Sulawesi Tenggara Minta Eks Kepsek Kembalikan Aset Negara

Dilansir dari smkn3kdi.id, SMK 3 Kendari membekali siswa dengan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk mempersiapkan mereka untuk masuk ke dunia kerja setelah lulus dari sekolah. Sekolah ini menawarkan berbagai program keahlian, termasuk teknik, teknologi, bisnis, dan sosial.

SMKN ini juga memfokuskan pada pendidikan holistik yang memperluas wawasan siswa dan membantu mereka membangun keterampilan soft skill seperti kepemimpinan, kerja sama, dan komunikasi. Sekolah ini memiliki fasilitas dan sumber daya yang memadai untuk membantu siswa mencapai tujuannya.

Secara keseluruhan, SMKN 3 Kendari adalah pilihan yang baik bagi siswa yang ingin mempersiapkan diri untuk masuk ke dunia kerja dan membangun karier yang sukses. Dengan pendidikan yang berkualitas dan fasilitas yang memadai, siswa dapat membangun keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk sukses dalam hidup. (B)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga