Dinkes Sulawesi Tenggara Edukasi Pola Hidup Sehat dalam Menangani Penyakit

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 09 Agustus 2023
0 dilihat
Dinkes Sulawesi Tenggara Edukasi Pola Hidup Sehat dalam Menangani Penyakit
Sosialisasi mengenai sanitasi total berbasis masyarakat untuk menciptakan perilaku hidup bersih di masyarakat. Foto: Ist.

" Dalam upaya menjaga kesehatan masyarakat dan menangani berbagai penyakit, pola hidup sehat menjadi kunci utama. Penyakit-penyakit yang tersebar di masyarakat seringkali memiliki akar yang terkait dengan gaya hidup, dan menjaga pola hidup bersih dan sehat (PHBS) menjadi langkah vital untuk mengatasi hal itu "

KENDARI, TELISIK.ID - Dalam upaya menjaga kesehatan masyarakat dan menangani berbagai penyakit, pola hidup sehat menjadi kunci utama. Penyakit-penyakit yang tersebar di masyarakat seringkali memiliki akar yang terkait dengan gaya hidup, dan menjaga pola hidup bersih dan sehat (PHBS) menjadi langkah vital untuk mengatasi hal itu.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang (Kabid) pencegahan dan pengendalian penyakit (P2P) Dinkes Sulawesi Tenggara, Muhammad Ridwan. Menurutnya, dalam rangka menurunkan angka penyakit, peran pola hidup sehat sangat penting.

Bahkan kata dia, PHBS yang baik dapat mempengaruhi indeks kesehatan masyarakat, dan secara langsung berdampak pada penurunan kasus penyakit.

Baca Juga: Dinkes Sulawesi Tenggara Ungkap Pentingnya Imunisasi dalam Pencegahan Rubella dan Campak

Edukasi mengenai pentingnya pola hidup sehat terus dilakukan dengan berbagai cara. Pertemuan massal, penyebaran pamflet, serta upaya edukasi secara interpersonal menjadi strategi yang diterapkan untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat.

Pola hidup sehat mencakup berbagai aspek, termasuk pola makan, olahraga, kebersihan, dan pengaturan waktu istirahat.

“Dari seluruh penyakit, sebenarnya ujung dari semuanya ini adalah pola hidup sehat yang harus dijaga. Jadi PHBS ini harus dijaga dengan baik,” kata Muhammad Ridwan kepada Telisik.id, belum lama ini.

Baca Juga: Dinkes Sulawesi Tenggara Antisipasi Ancaman DBD saat Musim Pancaroba

Sebagai tambahan, dikutip dari kemkes.go.id, PHBS merupakan semua perilaku kesehatan yang dilakukan karena kesadaran pribadi sehingga keluarga dan seluruh anggotanya mampu menolong diri sendiri pada bidang kesehatan serta memiliki peran aktif dalam aktivitas masyarakat. 

PHBS pada dasarnya merupakan sebuah upaya untuk menularkan pengalaman mengenai perilaku hidup sehat melalui individu, kelompok ataupun masyarakat luas dengan jalur-jalur komunikasi sebagai media berbagi informasi. Ada berbagai informasi yang dapat dibagikan seperti materi edukasi guna menambah pengetahuan serta meningkatkan sikap dan perilaku terkait cara hidup yang bersih dan sehat. (B-Adv)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga