Dipertanyakan, Beasiswa Sultra Cerdas Tahun 2020

Affan Safani Adham, telisik indonesia
Senin, 27 Juli 2020
0 dilihat
Dipertanyakan, Beasiswa Sultra Cerdas Tahun 2020
Awaluddin bersama rekannya sesama mahasiswa Sultra di Yogyakarta. Foto: Ist.

" Nyatanya sampai sekarang ini belum ada info pasti kapan seleksi beasiswa akan diadakan dan kapan dananya akan dicairkan. "

YOGYAKARTA, TELISIK.ID - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra menganggarkan program beasiswa Sultra Cerdas di tahun 2020 sebesar Rp 3 miliar.

Awaluddin Muh. Ali, mahasiswa Magister Manajemen Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta, asal Bombana, Sultra, mempertanyakan beasiswa tersebut.

"Nyatanya sampai sekarang ini belum ada info pasti kapan seleksi beasiswa akan diadakan dan kapan dananya akan dicairkan," kata Awaluddin, Senin (27/7/2020).

Bagi Awaluddin, hal itu cukup meresahkan mahasiswa perantau. "Sebab, sebentar lagi sudah memasuki bulan Agustus," tandasnya.

Mahasiswa Sultra yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta cukup resah karena semua mahasiswa yang pernah daftar dan sudah lulus kuliah baru diumumkan.

"Kalau begini kan pembodohan namanya, bukan lagi beasiswa Sultra Cerdas, tapi beasiswa Sultra bodong," kata Awaluddin, yang datang ke Yogyakarta tahun 2019 usai lulus dari Universitas Halu Oleo Kendari.

Fakta ini, dikatakan Awaluddin, sebenarnya mengindikasikan Pemerintah Sulawesi Tenggara layaknya tong kosong nyaring bunyinya.

"Tiap waktu bicaranya tentang transparansi, atensi terhadap sumber daya manusia dan pentingnya pendidikan, tapi realisasinya nol besar!" ungkap Awaluddin yang daftar Maret 2020 lalu.

Baginya, kalau Pemerintah Sulawesi Tenggara tidak sanggup menyediakan anggaran beasiswa, ada baiknya Pemprov memberikan penjelasan untuk mengklarifikasi apa hambatannya.

Baca juga: Pembelajaran Melalui Radio Komunikasi

"Bukan malah diam-diam, seolah-olah tidak pernah menghembuskan berita tentang beasiswa Sultra Cerdas," keluhnya, yang menambahkan, hingga Juli 2020 belum ada informasi terbaru terkait hasil verifikasi seleksi portofolio mahasiswa pendaftar beasiswa.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dikbud Sultra, Asrun Lio, menjelaskan, program beasiswa Sultra Cerdas tahun ini berfokus pada program-program peningkatan kualitas guru.

Program ini, lanjutnya, adalah upaya Pemprov Sultra mencerdaskan anak bangsa serta meningkatkan mutu pendidikan bagi anak-anak di Sultra.

Untuk tahun 2019 lalu, anggaran yang digelontorkan Pemprov Sultra untuk program beasiswa Sultra Cerdas senilai Rp 2,415 miliar, yang disalurkan untuk beberapa program studi, seperti kepada mahasiswa aktif di Institut Teknologi Surabaya (ITS) sebesar Rp 555 juta, untuk 25 mahasiswa.

Juga beasiswa profesi untuk 40 orang dengan besaran Rp 600 juta, beasiswa program sarjana (S1) Rp 300 juta untuk 40 mahasiswa, S2 sebesar Rp 600 juta untuk 40 mahasiswa dan program S3 sebesar Rp 330 juta untuk 11 orang.

Perhatian Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) tidak hanya untuk peningkatan ekonomi saja. Namun, juga fokus peningkatan mutu Sumber Daya Manusia (SDM) di Sultra.

Hal itu dilakukan oleh Gubernur Sultra, Ali Mazi, dengan meningkatkan mutu pendidikan di Sultra agar masyarakat bisa meningkatkan kualitas hidup mereka.

Tak hanya itu. Peningkatan fasilitas pendukung pendidikan, beasiswa untuk peningkatan pendidikan dari S1, S2, S3 serta beasiswa kedokteran, peningkatan SDM guru pengajar di sekolah.

Reporter: Affan Safani Adham

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga