Distanak Sultra Bagikan Benih Padi untuk Swasembada Pangan di 17 Kabupaten dan Kota

Erni Yanti, telisik indonesia
Senin, 21 Oktober 2024
0 dilihat
Distanak Sultra Bagikan Benih Padi untuk Swasembada Pangan di 17 Kabupaten dan Kota
Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan (Distanak) Provinsi Sulawesi Tenggara, La Ode Muhammad Rusdin Jaya. Foto: Erni Yanti/Telisik

" Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan (Distanak) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) telah menyalurkan bantuan benih padi dan pestisida di seluruh kabupaten/kota di Sultra "

KENDARI, TELISIK.ID - Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan (Distanak) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) telah menyalurkan bantuan benih padi dan pestisida di seluruh kabupaten/kota di Sultra.

Bantuan ini merupakan bagian dari program Perluasan Areal Tanam (PAT) yang dilaksanakan oleh Kementerian Pertanian melalui Distanak, dan disalurkan secara merata, terutama ke daerah-daerah lumbung pangan.

Kepala Distanak Sultra, La Ode Muhammad Rusdin Jaya, menjelaskan bahwa total bantuan yang disalurkan mencapai 8.450 kg benih dan 338 paket pestisida untuk PAT seluas 4.560 hektare di 17 kabupaten/kota.

Baca Juga: Kejati Sultra Tunggu Dua Nama Susul Ridwansyah Taridala, Pj Wali Kota Kendari: Kita Hormati Putusan Hukum

“Kami terus mendukung program ini dengan penyediaan benih, pestisida, serta pupuk. Saat ini, kami hanya menunggu masa panen dari lahan yang sudah ditanam,” ungkap Rusdin saat ditemui di Kantor Gubernur Sulawesi Tenggara, Senin (21/10/2024).

Ia juga menekankan pentingnya penanaman PAT yang telah dibentuk, dengan luas total sekitar 12.000 hektare, agar dapat dimanfaatkan pada periode berikutnya. “Jika tidak tertanam, program kita tidak akan berjalan maksimal,” tambahnya.

Baca Juga: Warga Keluhkan Kabel Listrik Terjuntai di Perempatan UHO Kendari

Rusdin berharap dukungan dari Kementerian Pertanian dapat berlanjut di tahun-tahun mendatang, untuk memastikan lahan yang telah dibuka tetap produktif.

Dengan paket bantuan yang komprehensif, termasuk alat dan mesin pertanian (Alsintan), pompa, benih, pupuk, dan pestisida, Rusdin optimis bahwa program swasembada pangan yang dicanangkan dapat diwujudkan di Sulawesi Tenggara.

“Jika semua ini bisa berlanjut, kami percaya bahwa program untuk mencapai swasembada pangan, baik dari Presiden Jokowi maupun Pak Prabowo, bisa terwujud di daerah ini,” harapnya. (C-Adv)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga