Distribusi Vaksin COVID-19 di Buton Tunggu Uji Klinis BPOM

Iradat Kurniawan, telisik indonesia
Rabu, 06 Januari 2021
0 dilihat
Distribusi Vaksin COVID-19 di Buton Tunggu Uji Klinis BPOM
Distribusi vaksin COVID-19. Foto: Repro CNN Indonesia

" Saat ini sementara uji klinis. Jika selesai diuji maka akan dibagikan ke daerah. "

BUTON, TELISIK.ID - Sebanyak 20.400 dosis vaksin COVID-19 sudah ada di Pemerintah Provinsi Sulawesi tenggara, namun pendistribusiannya masih menunggu uji klinis BPOM.

Khusus Buton, untuk penyalurannya ke daerah-daerah akan dijemput oleh Pemerintah Kabupaten Buton dalam hal ini Dinas Kesehatan dengan pengawalan ketat aparat.

Sekretaris Daerah Kabupaten Buton, Ir. La Ode Zilfar Djafar, M.Si menyebutkan bahwa vaksin COVID-19 tersebut sudah ada di Sultra.

"Saat ini sementara uji klinis. Jika selesai diuji maka akan dibagikan ke daerah,” kata La Ode Zilfar Djafar dalam Rapat Koordinasi Satuan Tugas COVID-19 Kabupaten Buton, Rabu (06/01/2021).

Untuk itu, kata dia, penerapan protokol kesehatan akan semakin sering disosialisasikan kepada masyarakat. Langkah ini dilakukan agar masyarakat semakin sadar untuk menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga: Fokus Urus COVID-19, Cawali Pasuruan Terpilih Tolak Mobdin Baru

"Selain kampanye melalui sticker dan media lainnya, dalam setiap kegiatan OPD agar sosialisasi penerapan protokol kesehatan untuk selalu disisipkan," tegasnya.

Dinas Kesehatan/Satgas COVID-19 akan mengadakan fasilitas rapid test anti gen karena merupakan syarat wajib bagi masyarakat yang melakukan perjalanan laut dan udara saat ini.

Wakapolres Buton, Kompol La Umuri, SH juga mengungkapkan, operasi yustisi akan terus digalakkan termasuk membangun komunikasi yang baik dan intens antara pihak-pihak terkait.

"Operasi yustisi harus dilakukan secara masif pasalnya masih banyak ditemui utamanya di pasar-pasar, masyarakat yang tidak mengenakan masker atau tidak menerapkan protokol kesehatan padahal sudah banyak dibagikan masker," ungkapnya. (B)

Reporter: Iradat Kurniawan

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga