Diterjang Angin Puting Beliung, Sejumlah Rumah di Wakatobi Porak Poranda

La Ode Arjuno Emang Sah, telisik indonesia
Kamis, 02 Januari 2020
0 dilihat
Diterjang Angin Puting Beliung, Sejumlah Rumah di Wakatobi Porak Poranda
Salah satu rumah warga yang di terjang angin puting beliung di Kelurahan Mandati III Kecamatan Wangi-wangi Selatan. Foto: Istime

" Angin itu datang tiba-tiba. Jadi saat kejadian saya belum bangun. Pas bangun, kenapa ini, angin datang dari mana dan pas saya berdiri, lemari tumbang kena saya, saya pingsan. Setengah jam, saya kembali sadar. Saya coba selamatkan diri dan meminta pertolongan di rumah sebelah. "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Memasuki awal tahun 2020 ini, sejumlah rumah warga di Kecamatan Wangi-wangi Selatan, Kabupaten Wakatobi,   porak poranda akibat terjangan angin puting beliung pada Kamis dini hari tadi, pukul 03.30 Wita.

Beberapa rumah warga rusak   parah dan membuat beberapa pohon tumbang, menyebabkan baliho yang terpasang di pinggir-pinggir jalan rusak.

Salah seorang korban, Nur Hayati, mengaku, angin puting beliung datang secara tiba-tiba menerjang rumahnya dan pada saat itu ia dalam keadaan terlelap di dalam rumah.

“Angin itu datang tiba-tiba. Jadi saat kejadian saya belum bangun. Pas bangun, kenapa ini, angin datang dari mana dan pas saya berdiri, lemari tumbang kena saya, saya pingsan. Setengah jam, saya kembali sadar. Saya coba selamatkan diri dan meminta pertolongan di rumah sebelah," jelas Nur Hayati (47) warga desa Mandati III.

Sementara itu berdasarkan data sementara yang dihimpun oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wakatobi, terhitung ada sekitar tujuh rumah yang mengalami kerusakan.

Yakni di Kelurahan Mandati III terdapat 6 rumah milik warga rusak di antaranya, 3 rusak parah dan sebagian lainnya hanya rusak ringan. Sementara itu di Desa Nelayan Bhakti dikabarkan ada 3 rumah yang rusak parah, 1 rumah di desa One Melangkah dan 1 rumah di Desa Fungka.

Baca Juga:

Tak ada korban jiwa dalam Kejadian tersebut. Kepala BPBD Wakatobi, Muh. Yusuf mengatakan, tim dari BPBD sedang melakukan inventarisir jumlah korban yang akan segera diberikan pertolongan.

"Sesuai dengan aturan, langkah sementara kami lakukan akan memberikan bantuan darurat berupa sandang dan pangan," ungkapnya.

Reporter: Juno
Editor: Rani

Artikel Terkait
Baca Juga