DLHK Kendari Optimalkan Jadi Percontohan Kelola Sampah bagi Perkantoran

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 04 Maret 2021
0 dilihat
DLHK Kendari Optimalkan Jadi Percontohan Kelola Sampah bagi Perkantoran
Kepala DLHK Kendari, Nismawati. Foto: Fitrah Nugraha/Telisik

" Setiap pegawai itu yang menjadi penanggungjawabnya adalah kepala bidang masing-masing. "

KENDARI, TELISIK.ID - Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kendari terus membenahi diri, untuk menjadi percontohan kelola sampah bagi perkantoran lainnya, khususnya organisasi perangkat daerah (OPD).

Kepala DLHK Kendari, Nismawati mengatakan, untuk pengelolaan sampah di tingkat OPD ini memang butuh proses, dan hal tersebut dimulai dari lingkup kerja DLHK itu sendiri.

"Jadi di kantor itu setiap hari kita upayakan kumpulkan sampah untuk dikelola hingga punya nilai ekonomis," katanya kepada Telisik.id, Selasa (2/3/2021).

Untuk memaksimalkan pengelolaan sampah ini kata dia, setiap kepala bidang menjadi penanggung jawab terhadap pegawai yang ada di bawahnya, sehingga pengumpulan dan pengelolaan sampah bisa lebih efektif.

"Setiap pegawai itu yang menjadi penanggungjawabnya adalah kepala bidang masing-masing," imbuhnya.

Hanya memang, tambah dia, kebiasaan baik ini tidak mudah dilakukan, sehingga setiap kepala bidang diminta agar benar-benar bisa memberikan contoh atau teladan dalam menjalankan program bank sampah di lingkup DLHK ini.

Baca juga: Hadiri Hearing, Ridwan Badallah: Eks MTQ Bukan Hutan, Tapi Tak Terurus

"Masing-masing kepala bidang ini kita minta terus memberikan contoh agar bisa diikuti oleh pegawai di bawahnya. Apalagi, saya rasa kepala bidang di DLHK, mereka tahu bagaimana membuat pupuk dari sampah klaster organik," tambah Nismawati.

Pemanfaatan pupuk tersebut saat ini akan digunakan untuk bunga-bunga yang ada di halaman kantor. Sedangkan sampah plastik dan sejenisnya diambil oleh orang atau pihak yang membutuhkan.

Lebih lanjut, mantan Kepala Dinas Pangan Kendari ini mengatakan, jika selama ini sampah yang dikumpulkan hanya di lingkup kantor, maka di bulan Maret ini pihaknya juga akan meminta agar sampah kering di rumah juga dikumpulkan di bank sampah kantor.

"Rencananya itu sekalian juga dengan sampah yang ada di rumah masing-masing yang bisa bernilai ekonomis," ujarnya.

Kalau pengelolaan sampah melalui bank sampah ini berjalan baik, maka program ini juga akan disalurkan ke OPD lainnya. Adv (B)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga