adplus-dvertising

Doni Monardo Digantikan Ganip Warsito Jadi Kepala BNPB

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Selasa, 25 Mei 2021
1741 dilihat
Doni Monardo Digantikan Ganip Warsito Jadi Kepala BNPB
Kepala BNPB, Doni Monardo. Foto: Repro Jawapos

" Penggantinya, juga dari perwira aktif TNI, yaitu Letjen Ganip Warsito yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Staf Umum Mabes TNI. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Doni Monardo diganti dari jabatannya sebagai Kepala BNPB. Doni Monardo akan digantikan oleh Kasum TNI Letjen Ganip Warsito.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Ace Hasan Sadzily mengatakan, Doni Monardo memasuki masa pensiun dari TNI. Sehingga digantikan perwira aktif TNI.

"Saya sudah berkomunikasi dengan Pak Letjen (TNI) Doni Monardo yang menyatakan benar bahwa beliau berakhir masa tugasnya sebagai Kepala BNPB. Pak Letjen Doni akan memasuki masa pensiun sebagai perwira TNI," ujar Ace, dikutip daribdetik.com, Selasa (25/5/2021).


"Penggantinya, juga dari perwira aktif TNI, yaitu Letjen Ganip Warsito yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Staf Umum Mabes TNI," imbuhnya.

Komisi VIII DPR merupakan mitra dari BNPB. Ace mengatakan, dengan akan dilantiknya Letjen Ganip, artinya Kepala BNPB untuk kedua kalinya diisi oleh perwira aktif TNI.

Baca juga: BKN Telusuri 97 Ribu PNS Fiktif yang Terima Gaji hingga Iuran Pensiun

Baca juga: Indonesia Kini Mulai Pakai Jaringan 5G

"Ini bisa dipahami karena memang TNI selama ini sangat aktif menjalankan fungsi penanganan bencana dengan memobilisasi dan pengerahan kekuatan TNI dalam penanggulangan bencana di Indonesia. Maka sudah seharusnya pengangkatan perwira aktif TNI ini juga diperkuat payung hukum dengan revisi UU Penanggulangan Bencana. Karena pengangkatan Kepala BNPB sudah seharusnya diatur lebih tegas dalam UU Penanggulangan Bencana yang saat ini sedang dibahas di Komisi VIII DPR RI," ujarnya.

Dilansir dari Cnnindonesia, Doni Monardo dilantik sebagai Kepala BNPB pada 9 Januari 2019. Doni dilantik langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Eks Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu dilantik dengan Surat Keputusan Presiden No 5/P Tahun 2019 tentang Pengangkatan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

Doni Monardo merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) 1985. Lulus Akmil dia langsung ditempatkan di Komando Pasukan Khusus atau Kopassus tahun 1986 hingga 1998. Doni kemudian ditarik ke Paspampres pada 2001 hingga 2004.

Pada 2006, Doni Monardo lalu dipindahkan ke Makassar, Sulawesi Selatan, di Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad). Empat tahun setelahnya, suami Santi Ariviani ini dipromosikan menjadi Dan Grup A Paspampres hingga 2010.

Doni kemudian diberi kepercayaan menjadi Danrem 061 Surya Kencana Bogor. Hanya beberapa bulan menjadi Danrem di Bogor, Doni dipercaya menjadi Wadanjen Kopassus. Bulan April 2012 Doni mengikuti pendidikan PPSA XVIII di Lemhannas. Hanya empat bulan di Lemhannas Doni dipromosikan menjadi Danpaspampres. Hingga di 2019 dilantik jadi Kepala BNPB. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga