DPRD dan Pemkot Pantau Persiapan RPH Kota Kendari Jelang Idul Adha 2023

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Selasa, 27 Juni 2023
0 dilihat
DPRD dan Pemkot Pantau Persiapan RPH Kota Kendari Jelang Idul Adha 2023
Jelang Idul Adha, DPRD Kota Kendari mengunjungi RPH untuk memastikan keamanan fasilitas bersama dinas terkait. Foto: Nur Khumairah/Telisik

" Beberapa fasilitas yang perlu diperbaiki di antaranya perluasan tempat penitipan hewan, perbaikan infrastruktur dan drainase "

KENDARI, TELISIK.ID - Jelang Idul Adha, DPRD Kota Kendari mengunjungi Rumah Potong Hewan (RPH) yang berada di Jalan Dewi Sartika, Kelurahan Anggoeya, Kecamatan Poasia, Kota Kendari.

Anggota Komisi II DPRD Kota Kendari, Andi Sulolipu saat mengunjungi RPH menyebut persiapan yang dilakukan sudah bagus. Namun, ada beberapa masukan yang ia berikan pada Dinas Pertanian Kendari selaku penanggungjawab fasilitas RPH.

"Ada beberapa fasilitas yang harus diperbaiki. Sehingga, ke depannya pendapatan asli daerah (PAD) lebih besar lagi di Kota Kendari," ungkapnya pada awak media, Selasa (27/6/2023).

Beberapa fasilitas yang perlu diperbaiki di antaranya perluasan tempat penitipan hewan, perbaikan infrastruktur dan drainase. Diharapkan dengan perbaikan tersebut, aktivitas di RPH lebih baik, aman dan higenis.

Baca Juga: Ali Mazi Kurban Sapi Seberat 300 Kg untuk Masyarakat Kolaka Utara

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kota Kendari, Sahuriyanto menuturkan, jelang hari raya Idul Adha, pihaknya sudah membuat tim gabungan untuk mengantisipasi masuknya penyakit mulut kuku (PMK) pada hewan ternak.

Tim gabungan berasal dari Dinas Pertanian, Balai Karantina Pertanian Kendari, Persatuan Dokter Hewan, Satpol PP, Polres dan Dinas Perhubungan Kota Kendari.

Baca Juga: DPW PPP Sulawesi Tenggara Bagi Sapi Kurban ke Seluruh DPC, Warga juga Kebagian

"Itulah yang menjadi tim untuk mengawasi lalu lintas ternak yang akan masuk di Kota Kendari, dengan memastikan setiap ternak yang masuk harus memiliki Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) itu yang paling penting," tambahnya.

Saat ditanyai oleh awak media, mengenai PMK di Kota Kendari, ia menyebut sejauh ini belum ada ciri-ciri hewan ternak yang terkena PMK. (B)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga