DPRD Sultra: Pernyataaan Kapolda Hanya Menetralisir Kegaduhan

Musdar, telisik indonesia
Selasa, 17 Maret 2020
0 dilihat
DPRD Sultra: Pernyataaan Kapolda Hanya Menetralisir Kegaduhan
Anggota DPRD Sultra, Sudirman. Foto: Musdar/Telisik

" Oleh karena itu, pada prinsipnya pernyataan itu untuk menetralisir kegaduhan yang terjadi saat video dengan durasi 43 detik itu beredar "

KENDARI, TELISIK.ID - Anggota DPRD Sultra dari Fraksi PKS, Sudirman mengganggap pernyataan Kapolda merupakan sebuah kekeliriuan bawahannya saat mendapatkan informasi.

Meskipun begitu, Sudirman menerangkan bahwa apa yang disampaikan Kapolda saat saat berada di Rujab Gubernur Sultra, hanya untuk menetralisir kegaduhan yang terjadi pada saat beredarnya video masuknya TKA tersebut.

"Oleh karena itu, pada prinsipnya pernyataan itu untuk menetralisir kegaduhan yang terjadi saat video dengan durasi 43 detik itu beredar," ujarnya, Selasa (17/3/2020).

Sehingga dengan pernyatan tersebut, Sudirman mengungkapkan bahwa, Kapolda tidak serta merta dapat disalahkan, bahkan dirinya mensupport pernyataan Kapolda untuk menetralisir keadaan di masyarakat.

Sebelumnya, pernyataan Kapolda Sultra, Brigjen Pol Merdisyam yang menyatakan bahwa 49 TKA yang tiba di bandara Haluoleo 15 Maret lalu adalah TKA yang baru saja mengurus perpanjangan visa dan izin kerja di Jakarta mengundang reaksi banyak pihak.

Reaksi itu mencuat setelah pernyataannya berbeda diungkapkan Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham RI Sultra, Sofyan yang menyatakan 49 TKA China itu adalah orang Tiongkok yang baru masuk ke Indonesia, bukan TKA yang telah lama bekerja yang melakukan perpanjangan visa dan izin bekerja di Jakarta seperti keterangan Kapolda Sultra.

Akibat perbedaan pernyataan itu, Kapolda didesak Ketua Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM) Universitas Halu Oleo (UHO) Baharuddin Yusuf untuk bertanggung jawab terhadap pernyataan diberbagai media.

Tak hanya datang dari kalangan mahasiswa, reaksi penggiat media ikut berekasi  #CopotKapoldaSultra bahkan menjadi tranding satu di twitter. Mencapai 9.539 tweet, berbagai reaksi bermunculan dari para netizen.


Reporter: Musdar
Editor: Sumarlin

Baca Juga