Harga Sayur di Kendari Naik Imbas Banjir Sulawesi Selatan

La Ode Aliarham, telisik indonesia
Senin, 20 Februari 2023
0 dilihat
Harga Sayur di Kendari Naik Imbas Banjir Sulawesi Selatan
Beberapa jenis sayur yang didatangkan dari Sulawesi Selatan stoknya mulai menipis dan mengalami kenaikan harga. Foto: La Ode Aliarham/Telisik

" Sejumlah daerah di Sulawesi Selatan diterjang banjir. Akibat musibah banjir itu, logistik sembako khususnya sayur mayur yang berasal dari daerah tersebut sulit masuk ke Sulawesi Tenggara karena terputusnya beberapa akses jalan "

KENDARI, TELISIK.ID - Sejumlah daerah di Sulawesi Selatan diterjang banjir. Akibat musibah banjir itu, logistik sembako khususnya sayur mayur yang berasal dari daerah tersebut sulit masuk ke Sulawesi Tenggara karena terputusnya beberapa akses jalan.

Beberapa pedagang sayur di Jalan Ir H Alala Kecamatan Kendari Barat yang biasanya mendapatkan pasokan dari Sulawesi Selatan mengungkapkan keresahannya, karena kelangkaan beberapa jenis sayuran yang berdampak pada kenaikan harga.

"Sudah dua hari ini kol, wortel dan kentang tidak masuk. Soalnya ini kan didatangkan dari Enrekang, di sana lagi banjir," ujar Irma salah seorang pedagang sayur di Kendari Barat, Senin (20/2/2023).

Baca Juga: Fasilitas Lengkap Paket Aqiqah di Hotel Azizah Kendari, hingga Disediakan Ustaz

Ia juga menambahkan, harga sayuran yang berasal dari Sulawesi Selatan mengalami kenaikan mulai dari Rp 5.000 sampai Rp 15.000.

"Kol naik harganya Rp 5.000 kalau yang sudah menipis stoknya bisa sampai naik Rp 15.000," tambah Irma.

Syaiful Hidayat yang juga pedagang sayur mengatakan, kenaikan harga terjadi sejak seminggu terakhir.

”Tidak banyak yang naik, paling banyak kentang dari harga Rp 12 ribu per kilogram, sekarang menjadi Rp 16 ribu," ungkapnya.

Baca Juga: Mahasiswa Stikes Pelita Ibu Kendari Praktik Administrasi dan Manajerial di RSU Bahteramas

Sementara itu, Mahardika salah seorang pelanggan mengungkapkan keresahannya, karena harus keliling Kota Kendari untuk mencari sayuran dengan harga yang normal.

"Saya dari Anduonohu ini cari sayur sampai di kota lama, soalnya yang di pasar Baruga kan ngambilnya dari Sulawesi Selatan juga, baru naik harganya," ujarnya. (A)

Penulis: La Ode Aliarham

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga