Lima SMP di Konawe Terakreditasi A

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Selasa, 07 Maret 2023
0 dilihat
Lima SMP di Konawe Terakreditasi A
Penyerahan plakat sertifikat akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Provinsi Sulawesi Tenggara yang diserahkan oleh Bupati Konawe kepada kepala sekolah. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

" 5 SMP di Konawe menerima sertifikat akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah Sulawesi Tenggara "

KONAWE, TELISIK.ID  - Dalam momen perayaan HUT Kabupaten Konawe ke-63, lima sekolah tingkat SMP menerima sertifikat akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah Sulawesi Tenggara.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Konawe, Suriyadi menjelaskan, penilain itu dilakukan langsung oleh tim Badan Akreditasi Nasional (BAN) Provinsi Sulawesi Tenggara dengan acuan Permendikbud Nomor 59 tahun 2012 (pasal 1 ayat 2) dengan fokus pada 8 poin penilaian standar pendidikan nasional.

“Syukur Alhamdulillah lima sekolah tingkat SMP yang ada di konawe memenuhi semua syarat hingga bisa mendapatkan akreditasi A yang sangat memuaskan seperti apa yang kita harapkan selama ini,” tuturnya, Senin (6/3/2023).

Suriyadi menjelaskan, sekolah/madrasah yang mengusulkan untuk diakreditasi harus memenuhi beberapa persyaratan antara lain harus memiliki surat keputusan pendirian/operasional sekolah/ madrasah, memiliki peserta didik pada semua tingkatan kelas, memiliki sarana dan prasarana pendidikan, memiliki pendidik dan tenaga kependidikan, dan melaksanakan kurikulum yang berlaku dan telah menamatkan peserta didik.

Harus diketahui, akreditasi sekolah memiliki jangka waktu selama lima tahun sekali setelah sekolah tersebut mendapat akreditasi.

Baca Juga: Tiga Prodi di Unilaki Terakreditasi B

“Di Konawe ini ada satu sekolah untuk tingkatan SMP yang sudah melakukan akreditasi sebanyak 10 kali dan terbanyak di antara sekolah lainnya dan selalu mendapatkan akreditasi A yakni SMPN Wawotobi,” katanya.

Ia juga menuturkan, guru di Kabupaten Konawe sudah banyak melakukan inovasi. Ini bukti bahwa guru di Konawe semakim hari semakin berkembang, baik dari individu ataupun komunitas.

Suriyadi berharap kepala sekolah di Konawe terus berbenah sembari mempersiapkan diri untuk melengkapi apa saja keperluan sekolahnya untuk memenuhi beberapa poin kelayakan standar akreditasi.

“Saya berpesan kiranya kita semua tak henti-hentinya memberikan pelayanan secara profesional untuk mampu mencintai, menghayati, menyenangi pekerjaannya. bertanggung jawab dan berkomitmen tinggi atas pekerjaan dalam rangka mencerdaskan kehidupan anak-anak bangsa,” imbuhnya.

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa menyerahkan langsung sertifikat akreditasi kepada lima sekolah di Konawe yang terakreditasi A tahun 2022. Penyerahan sertifikat dilakukan usai pelaksanaan upacara puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-63 Konawe di pelataran kantor bupati, pekan lalu.

Baca Juga: Fakultas Hukum UMK Terakreditasi A di Sultra

Lima sekolah yang mendapat akreditasi A, yakni SMPN 1 Sampara, SMPN 1 Wawotobi, SMPN 1 Uepai, SMPN 2 Sampara dan SMPN 2 Onembute. Lima sekolah tersebut mendapat predikat sebagai sekolah unggul atas penilaian yang dilakukan Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah.

Bupati Konawe mengaku bangga atas capaian tersebut. Ia bakal terus mendorong, sehingga bisa lebih banyak lagi sekolah unggulan di Konawe yang terakreditasi A.

“Semoga ini bisa jadi contoh dan motivasi untuk sekolah lainnya. Ke depannya, kita bisa melihat lebih banyak sekolah di Konawe yang mendapatkan predikat unggul,” ujarnya. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga