Dua Pria di Makassar Manfaatkan Sumbangan Bencana untuk Keperluan Pribadi

Rezki Mas'ud, telisik indonesia
Sabtu, 20 Februari 2021
0 dilihat
Dua Pria di Makassar Manfaatkan Sumbangan Bencana untuk Keperluan Pribadi
Dua pria diamankan polisi dengan berkedok minta sumbangan korban kebakaran. Foto: Ist.

" Ada laporan masyarakat kalau di atas pukul 24.00 Wita malam, sering terjadi pemalakan di situ dengan menggunakan busur, pemalakan. "

MAKASSAR, TELISIK.ID - Memanfaatkan situasi dan kondisi korban terkena bencana kebakaran, dua pria di Makassar harus berhadapan dengan polisi.

Kedua pria berurusan dengan kepolisian, lantaran kedapatan meminta sumbangan fiktif atau bohong di lampu merah perlimaan fly over Makassar.

Dengan bermodalkan kardus yang bertuliskan "sumbangan korban kebakaran di Kandea", dua remaja yang terlihat sehat dengan penuh tatto ini, meminta sumbangan untuk kepentingan pribadi mereka.

"Dua-duanya diamankan di flyover," kata Komandan Regu 2 Tim Thunder Polda Sulsel, Aipda Azis.

Modus dua orang ini terungkap, karena ada warga yang mengenalinya. Keduanya ternyata sering memalak warga menggunakan senjata tajam.

Baca juga: Siswi SMAN 9 Kendari Dibawa Kabur Sopir Angkot Selama Dua Hari

"Ada laporan masyarakat kalau di atas pukul 24.00 Wita malam, sering terjadi pemalakan di situ dengan menggunakan busur, pemalakan,” ujarnya. 

Tim Thunder Polda Sulsel langsung bergerak ke lokasi. Benar saja, kedua pria tersebut meminta uang kepada warga dengan modus sumbangan korban kebakaran di Jalan Kandea Makassar. 

Uang puluhan ribu di sita polisi dari kedua pelaku. Pelaku mengaku bakal menggunakan uang sumbangan korban kebakaran untuk kebutuhan pribadi. 

"Meminta dengan modusnya itu mengatasnamakan korban kebakaran, yang terletak di Jalan Kandea memang benar. Namun pelakunya kami lepas membuat konfirmasi shock therapy bagi mereka," ujarnya.

Olehnya itu, bagi pengendara atau pengunjung yang datang ke Kota Makassar, harus berhati-hati memberikan sumbangan bagi korban bencana.

Kejadian di Makassar, Sulawesi Selatan ini harusnya jadi pelajaran. Dua orang pria berpura-pura meminta sumbangan mengatasnamakan korban kebakaran di Jalan Kandea 3, Makassar, namun ternyata tipu. (B)

Reporter: Rezki Mas'ud

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga