Dukung Percepatan Pembangunan Daerah, UHO Kendari dan Pemkab Konsel Teken MoU

Andi Irna Fitriani, telisik indonesia
Selasa, 26 April 2022
0 dilihat
Dukung Percepatan Pembangunan Daerah, UHO Kendari dan Pemkab Konsel Teken MoU
Kerjasama antara UHO Kendari dan Pemkab Konsel yang telah dimulai sejak tahu 2016, diperpanjang untuk lima tahun ke depan. Foto: Ist

" UHO Kendari dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel) melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) "

KENDARI, TELISIK.ID - Dukung percepatan pembangunan daerah melalui kerjasama pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel) melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU), Selasa (26/4/2022).

Rektor UHO Kendari, Prof Dr Muh Zamrun Firihu mengatakan, keberadaan perguruan tinggi dalam mendukung keberhasilan pembangunan harus dilakukan secara terstruktur.

"Jadi bukan tiba masa, tiba akal. Misalnya harus langsung comot, itu tidak. Tetapi kita lakukan secara formal," katanya.

Zamrun mengatakan, MoU tersebut sebagai syarat mutlak sehingga semua yang akan dikerjakan, tidak akan menyalahi aturan, karena dasar hukumnya sudah jelas dan semua yang dilakukan itu legal.

Ia mengungkapkan, kerjasama tersebut sebenarnya sudah terjalin sejak tahun 2016, akan tetapi perjanjian itu sudah selesai dan diperpanjang lagi di tahun 2022 ini.

Kesepakatan bersama berlaku untuk jangka waktu lima tahun, terhitung sejak ditandatangani dan dapat diperpanjang, diubah maupun diakhiri atas persetujuan para pihak.

Baca Juga: Ini Update Harga Sembako Jelang Idul Fitri di Pasar Tradisional Kota Kendari

Lanjut, sebelumnya telah banyak kerjasama yang telah dilakukan dan bahkan masih ada yang sementara berjalan.

"Seperti kerjasama dalam bidang perikanan sekarang lagi jalan, untuk ke depannya Insya Allah banyak hal yang bisa dikerjasamakan, karena tugas kami adalah membantu kelancaran pembangunan di daerah," ujarnya.

Tempat sama, Bupati Konsel, Surunuddin Dangga mengatakan, kerjasama tersebut sangat berguna untuk mendorong optimalisasi potensi-pontensi yang dimiliki Kabupaten Konsel.

Kerjasama itu penting, karena pihaknya membutuhkan kajian, misalnya di bidang lingkungan dan lain sebagainya.

Baca Juga: Selain Revitalisasi Bandara, Bappeda Sultra Bakal Bangun Jembatan Muna-Buton

"Alhamdulillah, sekarang Konsel diberikan keparcayaan di bidang perikanan, itu karena jasa UHO dalam memberikan kajian bahwa ini layak," ungkapnya.

Untuk saat ini pihaknya tengah mendorong agar lahan-lahan tidur yang ada di Kabupaten Konsel bisa diolah.

"Tentunya ini kan tidak asal menanam, perlu kajian dan kami membutuhkan UHO untuk itu semua," pungkasnya. (B-Adv)

Reporter: Andi Irna Fitriani

Editor: Kardin

Baca Juga