Selain Revitalisasi Bandara, Bappeda Sultra Bakal Bangun Jembatan Muna-Buton

Aris Mantobua, telisik indonesia
Selasa, 26 April 2022
0 dilihat
Selain Revitalisasi Bandara, Bappeda Sultra Bakal Bangun Jembatan Muna-Buton
Bappeda Sultra akan revitalisasi beberapa bandara di Sultra, hingga bangun jembatan Muna-Buton. Foto: Aris Mantobua/Telisik

" Tingkat mobilitas masyarakat Sulawesi Tenggara yang cukup tinggi dan terus meningkat, membuat Bappeda Sultra merencanakan adanya pembaruan infrastruktur bandara "

KENDARI, TELISIK.ID - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sulawesi Tenggara memberi ruang besar bagi revitalisasi infrastruktur bandara udara untuk program anggaran tahun 2023 mendatang.

Tingkat mobilitas masyarakat Sulawesi Tenggara yang cukup tinggi dan terus meningkat, membuat Bappeda Sultra merencanakan adanya pembaruan infrastruktur bandara.

Revitalisasi bandara itu bertujuan untuk meningkatkan minat masyarakat Sultra maupun di luar Sultra agar bisa menggunakan dan menikmati fasilitas umum yang memadai.

Revitalisasi bandara juga bertujuan untuk memberikan ruang kepada masyarkat di luar provinsi agar bisa berkunjung di berbagai tempat wisita yang ada di Sultra. Kegiatan ini sejalan dengan rangkuman musrenbang yang baru saja digelar Bappeda Sultra.

Kepala Bappeda Sultra, J. Robert mengungkapkan, ada beberapa bandar udara yang akan dipoles tahun depan. Proses revitalisasi terdapat di 4 bandara yakni Bandar Udara Matahora di Wakatobi, Pomalaa, Sangia Nibandera di Kolaka Utara, dan di Buton Utara.

Baca Juga: Wanita ini Jadikan Hobi Sebagai Bisnis Hand Embroidery

"Tahun 2023 nanti revitalisasi tersebut meliputi pengembangan landasan pacu hingga perluasan terminal tunggu. Terkhusus untuk Buton Utara ini akan baru dibangun,” ucap Robert, Senin (26/4/2022).

Rebert menuturkan, selain pengembangan sejumlah bandara yang ada di Sultra, anggaran tahun 2023 nanti juga akan dilakukan pembangunan jembatan yang telah disetujui dalam rapat koordinasi dengan Kepala Bapenas beberapa waktu lalu.

"Bukan hanya bandara yang menjadi prioritas, tetapai akan dilakukan pembangunan jembatan penghubung Pulau Muna-Buton," tuturnya.

Baca Juga: Kuota Haji Sultra 922 Orang, Jemaah Lansia Belum Bisa Berangkat

Salah seorang warga Kabupaten Wakatobi, Fitriani mengungkapkan apresiasinya kepada Bappeda Sultra karena akan membangun lagi Bandara Udara Matahora.

"Ini menunjukkan keseriusan dari pemerintah daerah, karena kita tahu bersama Kabupaten Wakatobi menjadi salah satu tempat wisata yang indah di Sultra. Apalagi Wakatobi sudah menjadi Taman Nasional," pungkasnya.  (B)

Reporter: Aris Mantobua

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga