E-sport, Olahraga Elektronik Ini Bakal Masuk Sekolah Swasta

Nurdian Pratiwi, telisik indonesia
Selasa, 28 Desember 2021
0 dilihat
E-sport, Olahraga Elektronik Ini Bakal Masuk Sekolah Swasta
Ilustrasi bermain game online. Foto: Repro jalantikus.com

" Pengurus Besar E-sports Indonesia (PBESI) mengungkapkan saat ini sedang mengupayakan agar E-sport dapat menjadi salah satu kegiatan ekstrakulikuler (ekskul), seperti sepak bola, voli, dan lainnya "

JAKARTA, TELISIK.ID - Olahraga elektronik (Esport) dikabarkan akan dimasukan ke sekolah swasta, seperti SMA dan SMP sebagai ekstrakulikuler.

Dikutip dari liputan6.com, Senin (27/12/2021), Pengurus Besar E-sports Indonesia (PBESI) mengungkapkan saat ini sedang mengupayakan agar E-sport dapat menjadi salah satu kegiatan ekstrakulikuler (ekskul), seperti sepak bola, voli, dan lainnya.

Untuk mewujudkan hal ini, PBESI sedang bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pemuda dan Olahraga, dan instansi terkait.

Sebagai langkah awal, PBESI sudah melakukan pelatihan E-sport kepada guru-guru dan pelatih agar nantinya pelajaran di ekstrakulikuler sesuai dengan standar telah dibuat.

"Beberapa minggu lalu kita sempat mengadakan pelatihan soal E-sport kepada guru dan coach, mereka mendapatkan informasi dan materi ekskul yang sesuai dengan standar," kata Ashadi Ang, Ketua Bidang Humas dan Komunikasi PBESI di Jakarta.

Baca Juga: IAIN Kendari Berikan Award dan Laporkan Kinerja 2021

Dia juga mengatakan, ekskul esports akan dimulai pada Januari 2022 dengan tahap awal di beberapa sekolah swasta di Pulau Jawa.

Saat ditanyakan kenapa baru sekolah swasta, dia mengatakan, "Saat ini memang masih sebatas sekolah swasata, untuk sekolah negeri sendiri belum karena harus menunggu tahun ajaran baru."

Sementara itu, mengutip kompas.com, E-sports juga masuk di ekstrakurikuler sekolah kejuruan (Sekolah Menengah Kejuruan).

Ashadi menyebut, PBESI punya rancangan besar pembinaan atlet.

"Untuk masuk ke ekstrakurikuler, kami bekerja sama dengan Kemendikbud dan Kemenpora," ujar Ashadi Ang pada sebuah diskusi virtual, pada Rabu (24/11/2021).

Baca Juga: Rektor Cup Unsultra Alami Peningkatan Signifikan

Edukasi mengenai E-sports bertujuan memperkenalkan besarnya ekosistem, peluang, dan pondasi E-sports.

"Ini dilakukan agar mindset semua orang benar tentang E-sports," ucap Ashadi Ang.

Dengan pemahaman yang benar tentang e-sports, PBESI bisa menyusun program kerja dengan baik dan benar ketika para siswa selesai menamatkan jenjang pendidikan SMA atau SMK.

Sementara itu, Ashadi Ang juga mengatakan bahwa PBESI akan membuat training center atau pusat pelatihan bagi atlet dan calon atlet e-sports.

"Training center berguna agar atlet dan calon atlet E-sports dapat memiliki satu tempat untuk pelatihan, pelatda, maupun pelatnas," ucap Ashadi Ang. (C)

Reporter: Nurdian Pratiwi

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga