Elektabilitas 60 Persen, Surunuddin Dangga Rajai Dua Calon Lain

Kardin, telisik indonesia
Kamis, 03 September 2020
0 dilihat
Elektabilitas 60 Persen, Surunuddin Dangga Rajai Dua Calon Lain
Hasil survei Parameter Publik Indonesia terhadap calon Bupati Konsel. Foto: Kardin/Telisik

" Jaraknya cukup jauh antara ke dua calon lain, yakni 40 sampai 50 persen. "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Lembaga survei Parameter Publik Indonesia (PPI) merilis hasil surveinya untuk Pilkada Konawe Selatan (Konsel).

Pengumpulan data survei sendiri dilakukan pada 20-26 Agustus 2020 lalu dengan menggunakan metode multistage random sampling. Kemudian jumlah 1000 responden melalui wawancara tatap muka secara kuesioner serta memiliki margin of eror 3,16 persen.

Berdasarkan hasil survei tersebut, elektabilitas Surunuddin Dangga di Konsel merajai dua calon lainnya, yakni Muhammad Endang dan Rusmin Abdul Gani.

Kata Direktur PPI, Ras MD, elektabilitas Surunuddin Dangga di Konsel mencapai 60.0 persen, diikuti oleh Muhammad Endang 9.2 persen dan di posisi terakhir adalah Rusmin Abdul Gani dengan 5.8 persen.

Baca juga: Tony-Baharuddin Rencanakan Mendaftar Tanggal 5 di KPU Koltim

"Sedangkan yang masih rahasia, belum memutuskan, tidak tahu dan tidak jawab, sebanyak 25.0 persen," ungkap Ras MD, Kamis (3/9/2020).

Katanya, jarak antara Surunuddin Dangga dengan dua calon lainnya cukup jauh, antara 40 sampai 50 persen. Olehnya itu katanya, petahana masih sulit untuk dikalahkan.

"Jaraknya cukup jauh antara ke dua calon lain, yakni 40 sampai 50 persen," paparnya.

Sementara itu kata Ras MD, pihaknya sengaja tidak memasukan nama masing-masing calon wakil para kandidat, karena menurutnya, perubahan angka tidak terlalu signifikan.

"Lagi pula yang menjadi sentral utama itu adalah calon bupatinya dan perubahannya juga tidak jauh jika nama wakil dimasukan dalam survei," tutupnya.

Reporter: Kardin

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga