Erdogan Terpilih jadi Presiden Turki 3 Periode, Dunia Ramai-Ramai Ucapkan Ini

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Senin, 29 Mei 2023
0 dilihat
Erdogan Terpilih jadi Presiden Turki 3 Periode, Dunia Ramai-Ramai Ucapkan Ini
Recep Tayyip Erdogan memenangkan pemilihan umum (pemilu) Turki putaran kedua. Hasil pemungutan suara menunjukkan sang petahana sukses meraup 52,14 persen suara. Foto: Repro Eramuslim

" Pemilu pada 2023 ini merupakan yang ketiga kalinya dimenangkan Recep Tayyip Erdogan selama 20 tahun memerintah Turki "

ISTANBUL, TELISIK.ID - Recep Tayyip Erdogan memenangkan pemilihan umum (pemilu) Turki putaran kedua. Hasil pemungutan suara menunjukkan sang petahana sukses meraup 52,14 persen suara.

Kemenangan ini menandakan berlanjutnya kembali masa pemerintahan Erdogan hingga 2028. Dilansir dari CNNIndonesia.com, Pemilu pada 2023 ini merupakan yang ketiga kalinya dimenangkan Erdogan selama 20 tahun memerintah Turki.

Dalam pemilu kali ini, rival berat Erdogan, Kemal Kilicdaroglu, mengantongi 47,86 persen suara. Kilicdaroglu merupakan penantang terkuat Erdogan, yang pada putaran pertama kalah tipis empat poin dari Erdogan.

Terpilihnya Erdogan sebagai Presiden Turki mendapat tanggapan dari para pemimpin dunia seperti Presiden Prancis Emmanuel Macron hingga Presiden Rusia Vladimir Putin menyampaikan ucapan selamat kepada Erdogan.

Baca Juga: Erdogan Usir Amerika dan Sembilan Negara Barat dari Turki

"Dengan Presiden Erdogan yang saya ucapkan selamat, kami akan terus maju," kata Macron dilansir dari Detik.com.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky juga menyambut baik terpilihnya kembali Erdogan sebagai Presiden Turki. Erdogan, kata Zelensky, telah menjadi sosok yang memposisikan diri sebagai mediator dalam konflik Rusia dan Ukraina.

"Kami mengandalkan penguatan lebih lanjut dari kemitraan strategis untuk kebaikan negara kami, serta penguatan kerja sama untuk keamanan dan stabilitas Eropa," ucap Zelensky dalam sebuah posting di Twitter, di mana dia mengucapkan selamat kepada Erdogan atas kemenangannya.

Baca Juga: Pray For Turkey Tranding di Twitter, Bandara Terbelah Dua Respon Erdogan dan Putin Mengejutkan

Kanselir Jerman Olaf Scholz juga mengucapkan selamat atas kemenangan Erdogan dalam Pilpres Turki putaran kedua. "Selamat kepada Presiden Erdogan -- bersama-sama kami ingin memajukan agenda bersama kami dengan dorongan baru," tulis Scholz di Twitter.

Senada dengan 3 pemimpin negara di atas, Presiden Rusia Vladimir Putin turut mengucapkan selamat kepada Erdogan, yang telah bekerja sama erat dengan Rusia dalam isu-isu internasional utama, meskipun ada perbedaan pendapat atas pemilihannya kembali.

"Kemenangan Anda dalam pemilihan ini adalah hasil logis dari kerja keras Anda sebagai kepala Republik Turki," kata Putin, menurut situs web Kremlin. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga