Pray For Turkey Tranding di Twitter, Bandara Terbelah Dua Respon Erdogan dan Putin Mengejutkan

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Senin, 06 Februari 2023
0 dilihat
Pray For Turkey Tranding di Twitter, Bandara Terbelah Dua Respon Erdogan dan Putin Mengejutkan
Gempa besar berkekuatan M 7,8 di Turki tengah dan Suriah barat laut pada Senin dini hari (6/2/2023) mengakibatkan 500 orang diperkirakan tewas. Foto: Kolase

" Gempa besar berkekuatan M 7,8 di Turki tengah dan Suriah barat laut pada Senin dini hari, Senin (6/2/2023) mengakibatkan 500 orang diperkirakan tewas "

ISTANBUL, TELISIK.ID - Gempa besar berkekuatan M 7,8 di Turki tengah dan Suriah barat laut pada Senin dini hari, Senin (6/2/2023) mengakibatkan 500 orang diperkirakan tewas.

Selain merusak bangunan, gempa juga mengakibatkan sebuah landasan pacu terbelah menjadi dua. Laporan Daily Sabah, landasan pacu Bandara Hatay terbelah menjadi dua setelah gempa besar berkekuatan 7,8 Skala Richter melanda wilayah tenggara Turki.

Penerbangan segera dihentikan setelah gempa bumi merusak parah bandara. Melansir Tribunnews.com, hasil monitoring Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), gempa tersebut terjadi pada pukul 04:17 waktu setempat (01:17 GMT) pada kedalaman sekitar 17,9 kilometer.

Baca Juga: Bill Gates Tegur Elon Musk Habiskan Uang di Planet Mars

Lalu gempa susulan berkekuatan 6,7 SR terjadi 15 menit kemudian. Setidaknya ada 66 gempa susulan mengguncang Turki setelah gempa dahsyat berkekuatan 7,8 SR yang mematikan itu.

Gempa Turki itu menjadi perhatian dunia, tagar Pray For Turki tranding di twitter, banyak orang menyampaikan belasungkawa atas bencana tersebut.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyampaikan belasungkawa atas gempa di negaranya dan Suriah "Saya menyampaikan belasungkawa kepada semua warga negara kita yang terkena dampak gempa bumi yang terjadi di Kahramanmaras dan dirasakan di banyak bagian negara kita," kata Erdogan melalui cuitannya di Twitter dilansir dari CNNIndonesia.com.

Erdogan pun berharap Turki bisa segera melewati bencana yang menewaskan ratusan orang ini, terutama dengan kerusakan yang sangat minim.

Baca Juga: Ilmuwan Luncurkan Proyek Hidupkan Hewan Punah

Presiden Rusia Vladimir Putin menyampaikan belasungkawa kepada Presiden Suriah Bashar Assad dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan terkait banyaknya korban akibat gempa bumi.

Putin mengatakan Rusia siap memberikan bantuan untuk menghilangkan dampak dari bencana tersebut.

"Bapak Presiden yang terhormat, saya ingin menyampaikan belasungkawa yang paling tulus sehubungan dengan konsekuensi tragis dari gempa bumi yang terjadi di wilayah utara Suriah,” papar pernyataan Putin, dilansir dari Sindonews.com. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga