Euro 2024: Gol Menit Akhir Merino Gagalkan Jerman ke Semifinal

Mustaqim, telisik indonesia
Sabtu, 06 Juli 2024
0 dilihat
Euro 2024: Gol Menit Akhir Merino Gagalkan Jerman ke Semifinal
Pemain Jerman, Toni Kroos, berjalan lesu dan kecewa usai timnya dikalahkan Spanyol di Stuttgart Arena, Jumat (5/7/2024) malam WIB. Foto: euro.com

" Gol Mikel Merino di saat-saat terakhir perpanjangan waktu memberi Spanyol kemenangan dramatis 2-1 atas tuan rumah Jerman dalam pertandingan perempat final Euro 2024 di Stuttgart Arena, Jumat (5/7/2024) malam "

STUTTGART, TELISIK.ID - Gol Mikel Merino di saat-saat terakhir perpanjangan waktu memberi Spanyol kemenangan dramatis 2-1 atas tuan rumah Jerman dalam pertandingan perempat final Euro 2024 di Stuttgart Arena, Jumat (5/7/2024) malam.

Pertandingan yang ditunggu-tunggu itu mencapai puncaknya ketika kedua tim melenggang di Stuttgart Arena yang dipenuhi oleh mayoritas penggemar Jerman. Pendukung tim tuan rumah kemudian dibuat bungkam dan kecewa setelah Jerman gagal ke semifinal.

Spanyol bermain lebih baik untuk satu jam pertama sebelum Dani Olmo memberi mereka keunggulan enam menit setelah jeda. Olmo usai menerima sodoran bola dari Lamine Yamal, dengan cepat ia melepaskan tembakan langsung ke sudut bawah gawang Manuel Neuer.

Pelatih Jerman, Julian Nagelsmann, melakukan lima pergantian pemain untuk membuat gol penyeimbang.

Menit ke-89 pemain pengganti Florian Wirtz, pemain terbaik Bundesliga tahun ini untuk juara Bayer Leverkusen, melepaskan tembakan dari sundulan Joshua Kimmich untuk memaksa perpanjangan waktu.

Saat memasuki perpanjangan waktu Jerman tidak banyak melakukan tekanan seperti ketika menjelang akhir pertandingan waktu normal. Spanyol yang tidak berharap adu tendangan penalti sebaliknya lebih mengontrol permainan.

Pertandingan memasuki menit ke-119, jelang akhir pertandingan babak perpanjangan waktu, pemain pengganti Merino bangkit untuk mencetak gol kemenangan dari umpan silang Olmo.

“Hati selalu lebih penting daripada kaki. Mari kita santai dan tenang karena dalam empat hari kita memiliki semifinal,” kata Olmo, pemain terbaik dalam pertandingan ini, usai duel Spanyol dengan Jerman.

Tuan rumah Jerman berusaha keras untuk menyamakan kedudukan namun belum berhasil. Jamal Musiala yang mencoba melewati bek sayap Dani Carvajal dari sisi kiri mendekati pertahanan Spanyol pun gagal menciptakan peluang.

Pergerakan Musiala dihentikan Carvajal yang membuahkan kartu merah bagi pemain Real Madrid itu. Carvajal dan bek tengah Robin Le Normand dipastikan absen di semifinal.

Baca Juga: Warga Turki Jerman Merahkan Berlin Saat Bentrok dengan Belanda

“Ini adalah momen untuk menghargai apa yang telah kami capai dan nikmati. Pemain saya tidak pernah puas. Saya bangga melatih pemain seperti ini,” kata pelatih Spanyol, Luis de la Fuente.

La Fuente memuji timnya yang disebutnya sudah terbiasa bersaing di level tertinggi. “Tim ini akan selalu bersaing. Selalu ada ruang untuk perbaikan, tentu saja, tetapi kami tidak dapat mempertanyakan kebanggaan, kualitas, dan komitmen mereka,” tambah La Fuente.

Usai kegagalan ke semifinal, para pemain Jerman berjalan ke arah penggemar mereka dengan muram, sementara pelatih Julian Nagelsmann memandang dengan tangan di pinggul dan wajahnya tergambar kekecewaan.

“Kami sangat dekat, itulah yang membuatnya begitu pahit,” ujar gelandang Jerman, Toni Kroos, setelah pertandingan terakhir dalam karirnya.

Kroos yang turut membawa timnya menjuarai Piala Dunia 2014 sebelumnya mengumumkan akan pensiun ketika keikutsertaan Jerman berakhir.

“Sejujurnya, saat ini perasaan utamanya adalah turnamen sudah berakhir, karena kami semua memiliki tujuan besar yang ingin kami capai bersama. Dan mimpi yang kita semua miliki ini telah hancur sekarang,” tutur Kroos dengan perasaan kecewa.

Saat konferensi pers usai pertandingan, Nagelsmann mengucapkan selamat kepada Spanyol karena telah mencapai semifinal. Dia menilai kekalahan timnya tidak terlepas dari permainan yang terlalu terbuka di babak pertama.

Baca Juga: Euro 2024: Presiden Turki Erdogan Tak Terima Demiral Diskorsing Dua Pertandingan

“Kami lebih baik di babak kedua dan dari menit ke-60 dan seterusnya, kami jelas tim yang lebih baik. Gol penyeimbang kami yang terlambat memang pantas. Kami kebobolan di kesempatan terakhir. Sayangnya kami tidak dapat memberikan tekanan yang cukup pada sayap,” tutur Nagelsmann.

Data dan Fakta:

- Merino mencetak gol kemenangan terbaru ketiga dalam pertandingan EURO (118:52), setelah Michel Platini di EURO 1984 (118:53) dan Artem Dovbyk di EURO 2020 (120:36).

- Spanyol telah memenangkan semua lima pertandingan mereka di EURO 2024, menjadi negara ketiga yang menang lima kali berturut-turut di satu edisi putaran final setelah Prancis di EURO 1984 dan Italia di EURO 2020.

- Jerman telah kehilangan tiga dari empat pertandingan babak sistem gugur EURO terakhir mereka (Menang 1), sebanyak dalam 12 pertandingan sebelumnya di putaran final sebelumnya (Menang 7 Draw 2 Kalah 3).

- Olmo telah terlibat dalam lima gol sebagai pemain pengganti di turnamen final EURO (2 gol, 3 assist). Hanya Cesc Fàbregas (2 gol, 3 assist) yang mampu menyamai penghitungan itu dalam sejarah kompetisi.

- Lamine Yamal adalah pemain Spanyol keempat yang mencatatkan tiga assist dalam edisi EURO yang sama, setelah Fàbregas (2008), David Silva (2012), dan Olmo (2021).

- Berusia 21 tahun dan 63 hari, Wirtz adalah pencetak gol termuda Jerman dalam pertandingan sistem gugur EURO.

- Neuer hanyalah pemain ketiga setelah Cristiano Ronaldo (29) dan Pepe (22) yang mencapai catatan 20 penampilan EURO.

- Hanya satu dari 26 pertandingan EURO terakhir Jerman yang berakhir tanpa gol.

- Hanya dua dari sepuluh pertandingan sistem gugur EURO terakhir Die Mannschaft (Jerman) yang berlanjut ke perpanjangan waktu.

- Leroy Sané adalah pemain Jerman ke-21 yang membuat sepuluh penampilan EURO.

Susunan pemain

Spanyol: Unai Simón; Carvajal, Le Normand (Nacho 46’), Laporte, Cucurella; Pedri (Olmo 8’), Rodri, Fabián Ruiz (Joselu 102’); Yamal (Ferran Torres 63’), Morata (Oyarzabal 80’), Williams (Merino 80’)

Jerman: Neuer; Kimmich, Rüdiger, Tah (Müller 80’), Raum (Mittelstädt 57’); Bisa (Andrich 46’), Kroos; Musiala, Gündo?an (Füllkrug 57’), Sané (Wirtz 46’); Havertz (Anton 91’). (C)

Reporter: Mustaqim

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga