Face Shield Efektif Cegah Penularan COVID-19 Setelah Masker

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 07 September 2020
0 dilihat
Face Shield Efektif Cegah Penularan COVID-19 Setelah Masker
Sejumlah orang pakai alat pelindung wajah atau face shield. Foto: Repro Google.com

" Ini menunjukkan efektivitas perlindungan face shield sangat baik digunakan. Jadi kita mesti memakai masker yang ditambah alat pelindung wajah tersebut. "

KENDARI, TELISIK.ID - Belakangan hari ini penyebaran COVID-19 semakin banyak menjangkiti masyarakat. Kewaspadaan harus lebih ditingkatkan, selain masker, alat pelindung wajah (face shield) juga mesti dipakai.

Hal tersebut diungkapkan praktisi kesehatan di Kota Kendari, dr. Sofyan Natsir kepada Telisik.id, Minggu (7/9/2020).

Menurut dr. Sofyan, berdasarkan sebuah jurnal tentang evidence based penggunaan face shield, mungkin face shield ini harus menjadi APD wajib kedua yang harus selalu digunakan, khususnya oleh petugas medis setelah masker, apapun kondisi dan situasinya.

Dalam jurnal tersebut, kata dia, dilakukan penelitian kepada sejumlah petugas medis. Dimana, sebelum penggunaan face shield atau alat pelindung wajah, 62 petugas medis yang hanya memakai masker melakukan kunjungan 5.880 rumah dari 31.164 orang didapatkan 222 positif COVID-19.

Baca juga: Begini Persentasi Penularan COVID-19 Jika Tak Pakai Masker

Dari kunjungannya itu, ternyata 12 orang dari jumlah petugas medis yang hanya pakai masker itu kemudian positif COVID-19.

Namun, setelah penggunaan masker dan face shield, 50 petugas medis melakukan kunjungan 18.228 rumah dari 118.428 orang yang didapatkan 2.682 positif COVID-19 di dalamnya, akan tetapi tidak ada dari petugas medis tersebut yang kemudian terinfeksi COVID-19.

"Ini menunjukkan efektivitas perlindungan face shield sangat baik digunakan. Jadi kita mesti memakai masker yang ditambah alat pelindung wajah tersebut," jelas dr. Sofyan Natsir yang juga Dokter di Unit Gawat Darurat (UGD) Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Kendari.

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga