Uniknya 5 Bentuk Telur Hewan Ini

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Selasa, 27 September 2022
0 dilihat
Uniknya 5 Bentuk Telur Hewan Ini
Telur kodok suriname terbilang cukup ekstrim, telur ini tertanam di kulit punggung induknya. Setelah menetas, punggung induknya akan terlihat berlubang. Foto: Repro kaskus.co.id

" Telur umumnya berbentuk bulat atau lonjong. Namun, tidak semua telur berbentuk demikian. Rupanya ada telur yang bentuknya aneh dan menggelikan yang tidak pernah diduga sebelumnya "

KENDARI, TELISIK.ID - Telur umumnya berbentuk bulat atau lonjong. Namun, tidak semua telur berbentuk demikian. Rupanya ada telur yang bentuknya aneh dan menggelikan yang tidak pernah diduga sebelumnya.

Berikut ini 5 telur hewan yang berbentuk unik dilansir dari idntimes.com dan kascus.co.id antara lain:

1. Gurita

Gurita adalah salah satu hewan laut yang bertelur. Bentuk telur gurita seperti sebuah tetesan air berwarna putih dan hampir transparan, di dalam butiran telurnya ada bintik hitam berjumlah dua atau lebih yang terlihat mencolok dan saat telur tersebut sudah matang maka nampak jelaslah bayi gurita di dalam telur tersebut.

Jika dilihat dari dekat telur telur gurita ini akan saling menjajar ke atas seperti buah anggur yang tergantung di rantingnya.

2. Hiu Tanduk

Hiu tanduk betina biasanya bertelur dari bulan Februari hingga April dan bisa bertelur hingga 24 buah. Lalu, induk ikan hiu akan menyelipkan telurnya ke celah-celah untuk melindunginya dari pemangsa. Induk ikan hiu akan membawa dan memindah telur ini dengan mulutnya

Baca Juga: 11 Buah Unik di Dunia, Nomor 7 Mirip Manggis

Melansir dari karimuntoday.com, hiu jenis ini memiliki kepala yang lebar, moncong yang tumpul, serta berwarna abu-abu gelap sampai coklat terang yang diselimuti dengan bintik-bintik coklat atau hitam di seluruh bagian tubuhnya. Berbeda dari jenis hiu lainnya yang hanya mampu bertahan hidup 20 atau 30 tahun, hiu tanduk ini mampu hidup sampai usia 50 tahun lamanya.

Sepintas bentuk telur ikan hiu tanduk mirip dengan cangkang kerang. Bahkan sulit untuk membedakan cangkang kerang dengan telur tersebut bila tidak mengenalinya. Telur dari hiu tanduk ini berbentuk spiral memanjang hingga 11 cm dan berwarna coklat kehitaman yang cangkangnya cukup keras.

Telur ini akan menetas dengan sendirinya dalam 5 hingga 9 bulan. setelah menetas bayi hiu ini langsung hidup mandiri dengan mencari makan disekitarnya. Ternyata hal ini kurang aman bagi telur tersebut, karena secara otomatis telur-telur akan luput dari pengawasan induknya.

3. Green Lacewings

Melansir dari wikipedia.com, Telur serangga hijau (Green Lacewings) memang tergolong aneh, karena bentuknya berupa sulur–sulur putih panjang, berkepala bulat dan menempel pada dedaunan, serta ranting pohon.

Telur serangga ini juga sangat unik bisa dibilang sangat cantik, telur lacewings ini akan melekat di daun atau batang tanaman bunga, ia melekat dengan sepotong sutra tipis untuk menempatkan telur tersebut.

4. Telur Kodok Suriname

Kodok ini terkenal dengan kebiasaan reproduksi, bentuk telur serta cara merawat telur yang unik. Pejantan ini akan menggunakan suara krik krik tajam dengan menyentakan tulang hiwoid di tenggorokannya, pejantan akan membantu menaruh telur yang dilepaskan betina ke kulit si betina.

Kodok ini punya cara berkembang biak yang unik. Telur betina tertanam di punggung. Lalu, embrio akan tertanam di kulit dan muncul dari punggung induknya dalam wujud katak kecil berukuran 2,5 cm. Setelah menetas, punggung induknya akan terlihat berlubang.

5. Telur Jawfish Kepala Kuning

Jawfish kepala kuning adalah ikan kecil yang dapat ditemukan pada lautan hangat di pasifik, atlantik dan samudra hindia. Panjang rata-rata ikan ini adalah 10 cm, kepala mulut dan mata mereka lebih besar dibandingkan dengan bagian tubuh lain, karena kepalanya sedikit ada warna kuningnya maka biasanya ia disebut dengan jawfish kepala kuning.

Baca juga: 9 Fenomena Alam Unik di Belahan Dunia, Ada Spaghetti Salju hingga Pohon Naga

Ikan ini juga cukup unik mereka akan membangun sarang atau rumah yang menyerupai terowongan, mereka akan membawa bebatuan disekitarnya dan membawa dengan mulut yang kemudian secara perlahan meludahkannya di tempat yang akan dibangun sarang mereka.

Ikan karnivora ini bentuk telurnya kecil-kecil, transparan dan bergerombol. Ikan ini berjenis mouthbrooder, di mana ikan jantan membawa telur di mulutnya sampai menetas. Saat sedang menjaga telurnya, ikan jantan akan rela tidak makan dan membuatnya kekurangan berat badan. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga