Unik, Danau Ini Bisa Ubah Hewan Jadi Patung

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 07 November 2022
0 dilihat
Unik, Danau Ini Bisa Ubah Hewan Jadi Patung
Danau ini bisa mengubah hewan menjadi batu, hal ini terjadi pada kandungan garam serta PH air yang dimiliki danau ini cukup tinggi. Foto: Repro Tanzaniaprivatetours.com

" Pemandangan alam terkadang menawarkan keindahan yang tak sedikit bahkan tak sedikit menjadi daya tarik. Pegunungan, laut dan danau yang selalu tampak eksotis "

TANZANIA, TELISIK.ID - Pemandangan alam terkadang menawarkan keindahan yang tak sedikit bahkan tak sedikit menjadi daya tarik. Pegunungan, laut dan danau yang selalu tampak eksotis.

Salah satu danau unik dengan pemandangan eksotis ada di  adalah Tanzania. Tanzania adalah negara yang terletak di Afrika bagian Timur, beriklim tropis, dahulu dikenal dengan nama Tanganyika.

Dilansir dari Grid.id, seorang fotografer Nick Brandt mendapati pemandangan yang menakutkan di Danau Natron di Tanzania. Di sana, ada beberapa jenis burung dan kelelawar yang membisu, kaku, membatu, setelah terkena air danau yang mematikan.

Baca Juga: Unik, di Negara Ini Ada Profesi Menangisi Orang Meninggal

"Tak seorang pun tahu dengan pasti bagaimana hewan-hewan ini mati, tapi sepertinya pantulan permukaan danau yang sangat ekstrim membuat mereka bingung dan membuat mereka tercebur ke dalam danau,” kata Brandt dilansir dari Grid.id

Dikutip Inews.id, hal ini terjadi bukan tanpa sebab, Danau Natron memiliki kandungan-kandungan tertentu. Danau Natron sendiri memiliki PH setinggi 10.5, mengutip dari dw.com, pH netral normal air hanya 7.

PH yang begitu tinggi tak terlepas dari berbagai kandungan seperti mineral, terutama natrium karbonat dan garam. Ini merupakan hasil proses vulkanik yang mengalir ke danau dari bukit sekitar. Tak jauh dari Danau Natron terdapat gunung berapi aktif bernama Ol Doinyo Lengai.

Baca Juga: Unik, Perumahan di Negara Ini Disewakan hanya Rp 15.000 Pertahun

Memiliki pH tinggi hingga mencapai 10.5, adanya natrium karbonat, dan juga dekahidrat membuat air di Danau Natron mampu mengeraskan sesuatu. Ketika hewan berubah menjadi batu atau patung tak perlu heran, mayat hewan tersebut diawetkan oleh mineral natrium karbonat dan garam yang terkandung di danau itu.

"Air danau mengandung kadar soda dan garam yang sangat tinggi. Begitu tinggi sehingga dapat melunturkan tinta kotak film saya dalam beberapa detik. Campuran soda dan garam menyebabkan makhluk hidup mengeras karena kapur, terawetkan sempurna begitu mereka kering," ungkapnya.

Danau yang bisa mengubah hewan jadi patung ini semakin tampak menyeramkan dengan warna merahnya. Warna-warni danau Natron disebabkan oleh haloarchaea atau mikroorganisme yang tumbuh subur di air asin. Danau garam ini mengeluarkan uap panas, dengan temperatur bisa mencapai 140 derajat Fahrenheit (60 derajat Celcius). (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga