Fasilitas dan Bangunan Sekolah MTs Sirajul Munir Konawe Selatan Memprihatinkan

Evy Septiana Warsito, telisik indonesia
Jumat, 27 Oktober 2023
0 dilihat
Fasilitas dan Bangunan Sekolah MTs Sirajul Munir Konawe Selatan Memprihatinkan
MTs Sirajul Munir, sekolah swasta di Konawe Selatan yang minim fasilitas penunjang sarana prasarana. Foto: Evy Septiana Warsito/Telisik

" Fasilitas dan kondisi fisik bangunan MTs Sirajul Munir Konawe Selatan sangat memprihatinkan "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - MTs Sirajul Munir, merupakan salah satu madrasah swasta di Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara, yang kondisi gedung dan fasilitasnya sangat memprihatinkan.

Sekolah tersebut terletak di lorong perkampungan Kecamatan Konda, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara.

Berdasarkan pantauan Telisik.id Jumat (27/10/2023), fasilitas dan kondisi fisik bangunan sekolah itu sangat memprihatinkan. Jalanan masuk kawasan tersebut belum diaspal, sanitasi WC sekolah masih memerlukan perbaikan, perpustakaan dan UKS belum maksimal, fasilitas laboratorium tidak tersedia serta bangku-bangku kelas banyak yang rusak.

Ditambah lagi kaca jendela pecah dan rusak parah serta kekurangan ruang kelas. Ruangan kelas hanya tersedia 3 unit, dimana satu kelas dibagi menjadi 2 ruangan.

Menurut Umi, salah seorang siswa, pemanfaatan siswa biasanya berpindah-pindah apabila ada ruang kelas yang direnovasi. Tidak hanya itu, toilet pun bermasalah.

Baca Juga: Pembangunan Sekolah di SMA 3 Bombana Mangkrak

Siswa lainnya, Anita berpendapat, ruang kelas tidak nyaman karena kaca jendela pecah, rusak parah dan kurang rapat. Selain itu, kondisi plafon pun rusak.

Ditinjau dari tenaga guru, jumlah guru di sekolah ini sangat minim. Hanya terdapat satu guru ASN, selebihnya masih status tenaga honorer.

Upaya pembenahan dilakukan dengan beberapa kali membuat usulan perbaikan gedung dan peningkatan kualitas guru, tapi belum terealisasi karena adanya tumpang tindih kepentingan dan saling melempar kewenangan.

"Pemerintah daerah melempar kewenangan ke Kementerian Agama, sedangkan Kementerian Agama mengaku tidak dapat memberikan bantuan sepenuhnya karena MTs Sirajul Munir kategori  swasta," ungkap salah seorang guru, Akbar.

Baca Juga: SMK Pertambangan Pertama di Muna Mulai Dijalankan

Adapun pembenahan sekolah MTs Sirajul Munir yang dilakukan selama ini melalui Kementerian Agama dan bantuan donatur. Meskipun usulan bantuan sepenuhnya belum terealisasi, siswa dan guru di sekolah tersebut tetap memanfaatkan fasilitas yang ada agar proses pembelajaran tetap berjalan.

Rencananya, ke depan pihak sekolah ingin melakukan perluasan bangunan pondok pesantren, hal tersebut merupakan cita-cita dari pemilik yayasan, namun pembangunan memerlukan dana yang tidak sedikit.

Pihak sekolah berharap pemerintah dapat memberikan perhatian agar siswa MTs Sirajul Munir bisa mendapatkan pendidikan dengan fasilitas yang layak. (A)

Penulis: Evy Septiana Warsito

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga