Awali Tahun 2020 IAIN Kendari Gagas Kerjasama dengan Eropa

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Kamis, 06 Februari 2020
0 dilihat
Awali Tahun 2020 IAIN Kendari Gagas Kerjasama dengan Eropa
Direktur KUI Abdul Halim menyerahkan naskah kerjasama dengan Eropa kepada Rektor IAIN Kendari. Foto: Istimewa

" Kita sudah mengajukan proposal untuk kerjasama tersebut, selanjutnya kita diminta menyiapkan fasilitas yang dibutuhkan expert selama berada di Indonesia. Selain itu kita juga menyiapkan program prioritas sesuai dengan kebutuhan pihak kampus terutama dalam rangka mempercepat peningkatan akreditasi. "

KENDARI, TELISIK.ID - Kantor Urusan Internasional (KUI) IAIN Kendari menggagas kerjasama dengan beberapa negara Eropa pada tahun 2020. Negara yang menjadi awal kerjasama adalah Jerman dalam rangka menyusun agenda pelaksanaan Senior Experten Service (SES).

Komunikasi intensif yang dibangun IAIN Kendari kepada pihak pemerintah Jerman ditanggapi serius. Pemerintah Jermanpun akan mengirim expert ke perguruan tinggi yang akan melakukan pendampingan pada bidang pengajaran, pengabdian masyarakat dan penjamin mutu.

"Kita sudah mengajukan proposal untuk kerjasama tersebut, selanjutnya kita diminta menyiapkan fasilitas yang dibutuhkan expert selama berada di Indonesia. Selain itu kita juga menyiapkan program prioritas sesuai dengan kebutuhan pihak kampus terutama dalam rangka mempercepat peningkatan akreditasi," beber Direktur KUI, Abdul Halim, Kamis (6/2/2020).

Baca Juga:Program Garmen Aparel BLK Kendari Uji Siswa Membuat Kemeja

Selain Jerman, IAIN Kendari juga tengah menjalankan program kerjasama dengan pemerintah Amerika Serikat sejak tahun 2018 hingga sekarang. Departemen luar negeri AS mengirim dosen tamu yang bertugas selama dua semester untuk melaksanakan kegiatan pengajaran, pengembangan prodi dan peningkatan kapasitas tenaga pendidik.

Halim juga menyampaikan, berkat program kerjasama ini, mahasiswa dan dosen IAIN Kendari telah meraih predikat prestisius pada berbagai konfrensi baik dalam dan luar negeri.

"Kita sudah mulai merasakan hasilnya, melalui kerjasama ini kualitas dan reputasi akademik mahasiswa maupun dosen meningkat. Target kita IAIN Kendari dapat diperhitungkan di kancah Internasional," kata dosen yang juga menjabat Ketua Prodi Bahasa Inggris.

Program kerjasama internasional pertama kali digagas sejak tahun 2015, antara lain dimuali dengan perguruan tinggi di kawasan Asia Tenggara seperti Malaysia, Singapura dan Thailand.

Reporter: M1
Editor: Rani

Artikel Terkait
Baca Juga