Gempa 5,4 SR Akibat Aktivitas Sesar Buton, Getarannya Hingga ke Busel

Iradat Kurniawan, telisik indonesia
Jumat, 09 Oktober 2020
0 dilihat
Gempa 5,4 SR Akibat Aktivitas Sesar Buton, Getarannya Hingga ke Busel
Data dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), telah terjadi gempa bumi berkekuatan 5.4 SR pada tanggal 9 Oktober 2020 pukul 09:57:20 WIB, pada 6.02 LS dan 122.58 BT, pada kedalaman 10 km. Pusat gempa berada pada laut Flores. Foto: Repro bmkg.go.id

" Hingga sekarang hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan. "

BUTON, TELISIK.ID - Data dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), telah terjadi gempa bumi berkekuatan 5.4 SR pada tanggal 9 Oktober 2020 pukul 09:57:20 WIB, pada 6.02 LS dan 122.58 BT, pada kedalaman 10 km. Pusat gempa berada pada laut Flores.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono, ST, Dipl. Seis, M.S  menjelaskan bahwa jenis dan mekanisme gempabumi dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar Buton.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault). Dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat berupa genangan, dirasakan di wilayah Buton Selatan. Getaran dirasakan nyata dalam rumah dan terasa seakan-akan truk berlalu. Getaran dirasakan oleh beberapa orang.

Baca juga: SKB Tuntas, Psikotes CASN Tunggu Petunjuk KemenPAN-RB

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.

Hingga sekarang hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan.

Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (https://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg (user pemda, pwd pemda-bmkg) atau infobmkg. (C)

Reporter: Iradat Kurniawan

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga