Ini Tanggapan Bank Sultra Terkait Potongan BLT APBD Muna Barat

Putri Wulandari, telisik indonesia
Jumat, 14 Juni 2024
0 dilihat
Ini Tanggapan Bank Sultra Terkait Potongan BLT APBD Muna Barat
Kepala Bank Sultra Cabang Kambara menanggapi terkait potongan bantuan BLT APBD Muna Barat. Foto: Kolase

" Masyarakat penerima BLT APBD Muna Barat mengeluh bantuannya terpotong di rekening. Ternyata bukan terpotong, tetapi menjadi saldo minimal "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Masyarakat penerima BLT APBD mengeluh bantuannya terpotong di rekening. Wa Golu, salah seorang penerima BLT APBD mengatakan, BLT yang diterimanya selama 3 bulan berturut-turut seharusnya Rp 900 ribu, namun yang diterimanya hanya Rp 850 ribu.

"Di dalam rekening hanya Rp 850 ribu," ujarnya.

Tak hanya itu, beberapa penerima BLT lainnya juga terpotong nilainya di dalam buku rekening serta ada yang belum bisa menerima uangnya dengan alasan administrasi belum dipenuhi.

Hal ini diungkapkan oleh Waode Lili yang telah memberikan surat kuasa untuk menerima BLT, sebab dirinya masih di luar daerah.

“Saya sudah dikuasakan ini. Ada semua surat kuasanya lengkap namun oleh pihak bank dikembalikan. Tertulis juga Rp 800 ribu ini untuk dicairkan tapi belum bisa. Katanya pihak bank biar tahun depan bisa itu,” pungkasnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala BPD Sulawesi Tenggara Cabang Kambara, Fasriani Ruva Mongkito mengatakan bahwa BLT APBD tidak ada potongan apapun dari pihak bank.

Baca Juga: Warga Muna Barat Kebagian BLT APBD 3 Bulan Rp 900 Ribu

Penerima BLT secara tidak langsung telah menjadi nasabah Bank Sultra, sehingga saat penarikan dana, tidak dapat ditarik seluruhnya dikarenakan ada ketentuan saldo minimal Rp 50.000.

"Apabila ditarik semua maka status rekening menjadi tidak aktif atau tutup," ujarnya, Jumat (14/6/2024).

Hal ini dihindari untuk memudahkan masyarakat menerima BLT tahap selanjutnya tanpa perlu mengaktifkan kembali rekeningnya, sebab ada beberapa masyarakat yang harus terlebih dahulu mengaktifkan rekeningnya agar dapat digunakan kembali, karena rekeningnya sudah tidak aktif.

Selanjutnya, untuk masyarakat Muna Barat yang telah memiliki rekening Bank Sultra, rekening tersebut sebenarnya bukan hanya digunakan untuk sarana penerimaan BLT, namun juga untuk keperluan lain, seperti tabungan, transaksi usaha, dan lain-lain.

Menurut Fasriani, pihaknya telah menyalurkan uang BLT sesuai dengan jumlah yang telah ditentukan Rp 900 ribu per kartu keluarga.

Ini semua ditransfer di rekening tabungan masing-masing, hal ini bisa dicek di buku rekening penerima.atau dicek melalui rekening koran tabungan dan akan kelihatan berapa jumlah BLT yang masuk.

Baca Juga: Begini Syarat Cairkan BLT Rp 750 Ribu saat Lebaran, Mudah dan Cepat

Sebelumnya, Pj Bupati Muna Barat, La Ode Butolo mengatakan bahwa program BLT kelurahan ini bersumber dari APBD dan diberikan ke masyarakat selama tiga bulan sebanyak Rp 900.000.

"Hitungan per bulannya Rp 300.000 per bulan, bagi masyarakat di lima kelurahan yang ada di Muna Barat," ujarnya.

Ia menambahkan, bagi penerima BLT ini untuk digunakan dengan sebaik-baiknya, kemudian bantuan ini disalurkan melalui rekening masing-masing penerima, hal ini untuk menghindari potongan-potongan. (A)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga