SKB Tuntas, Psikotes CASN Tunggu Petunjuk KemenPAN-RB

Sunaryo, telisik indonesia
Jumat, 09 Oktober 2020
0 dilihat
SKB Tuntas, Psikotes CASN Tunggu Petunjuk KemenPAN-RB
Peserta SKB CASN Muna. Foto: Sunaryo/Telisik

" Kita tunda sambil menunggu petunjuk dari KemenPAN-RB. "

MUNA, TELISIK.ID - Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) di Kabupaten Muna telah selesai.  Tercatat ada sekitar 489 peserta yang mengikuti seleksi yang berlangsung selama empat hari itu (5-8 Oktober).  

Seharusnya sesuai jadwal, Jumat (9/10/2020), panitia seleksi akan melanjutkan dengan tambahan tes psikotes. Namun, tambahan SKB II itu untuk sementara waktu ditunda dulu.

"Kita tunda sambil menunggu petunjuk dari KemenPAN-RB," kata Sukarman Loke, Kepala BKPSDM Muna, Jumat (9/10/2020).

Penundaan itu, menurutnya, bukan karena desakan dari lembaga lain. Melainkan, karena belum ada balasan surat dari pusat. Toh, Petunjuk Pelaksanaan (Juklat) dan Petunjuk Teknisnya (Juknis) ada dan telah dikantongi panitia. Jadi, tidak bisa langsung dibatalkan sebelum ada petunjuk dari KemenPAN-RB.

Baca juga: Buntut Bentrok Tolak Omnibus Law, Satu Polisi Kena Busur di Makassar

"Jadi kalau ada yang katakan Juklat dan Juknisnya tidak ada, itu tidak benar. Jangan suka bicara di luar. Kalau mau bukti, nanti saya perlihatkan," ungkapnya.

Mantan Asisten II itu berharap para peserta tidak gusar dengan adanya tambahan psikotes. Dimana, tujuannya adalah untuk melakukan pemetaan kualifikasi calon ASN, sehingga karakter dan kompetensi personal dapat diketahui sebelum ditempatkan pada satuan kerja.

"Psikotes bukan hal yang baru," timpalnya.

Formasi CASN Pemkab Muna yang diperebutkan sebanyak 236 kuota yang terdiri dari 181 formasi guru, 54 kesehatan dan satu tenaga teknis perpustakaan. (B)

Reporter: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga