Gempa Magnitudo 5,2 Guncang Jayapura

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 10 April 2022
0 dilihat
Gempa Magnitudo 5,2 Guncang Jayapura
Suasana Kota Jayapura. Foto: Repro kemenkeu.go.id

" Gempa bumi kembali terjadi di wilayah Indonesia. Kali ini gempa mengguncang wilayah Jayapura, Papua, Minggu (10/4/2022) dini hari pukul 04.22 WIB "

JAYAPURA, TELISIK.ID - Gempa bumi kembali terjadi di wilayah Indonesia. Kali ini gempa mengguncang wilayah Jayapura, Papua, Minggu (10/4/2022) dini hari pukul 04.22 WIB.

Melansir Suara.com - jaringan Telisik.id, gempa dengan kekuatan magnitudo 5,2 tersebut titik koordinat gempanya terletak pada 3,12 LS-139,98 BT.

Berdasarkan informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dalam laman www.bmkg.go.id disebutkan gempa terjadi pada kedalaman 53 km.

Pusat gempa berada di darat 20 km tenggara Kabupaten Jayapura, Papua.

Baca Juga: Gempa Magnitudo 5,2 Guncang Wilayah Sulawesi Utara

Gempa dapat dirasakan dengan skala Modified Mercally Intensity (MMI) III di Jayapura dan II-III di Wamena.

Skala II MMI yakni getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Baca Juga: Gempa 5,2 SR di Kendari Tak Berpotensi Tsunami

Skala III MMI yaitu getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Untuk diketahui, dilansir dari wikipedia.org, Kota Jayapura adalah kotamadya dan juga ibu kota dari provinsi Papua, Indonesia. Kota ini merupakan ibu kota provinsi yang terletak paling Timur di Indonesia, dan berbatasan langsung dengan negara tetangga Papua Nugini, yang terletak di teluk Jayapura.

Kota Jayapura didirikan oleh Kapten Infanteri F.J.P Sachse dari Kerajaan  Belanda pada 7 Maret 1910. Dari tahun 1910 ke 1962, kota ini dikenal sebagai Hollandia dan merupakan ibu kota distrik dengan nama yang sama di timur laut pulau Papua bagian barat. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga