Gempa Susulan Guncang Konsel Ketiga Kalinya

Hamka Dwi Sultra, telisik indonesia
Kamis, 08 April 2021
0 dilihat
Gempa Susulan Guncang Konsel Ketiga Kalinya
Data BMKG. Foto: Ist.

" Gempa bumi susulan ketiga kali itu terjadi dini hari sekira pukul 10.00 Wita. "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat adanya gempa bumi susulan yang ketiga kalinya terjadi di wilayah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel).

Berdasarkan data yang diterima Telisik.id, gempa bumi itu terjadi disebelah barat laut Laeya. Hasil analisa BMKG menunjukkan, informasi gempabumi ini berkekuatan M=3.1.

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 4.13  LS, 122.38 BT, atau tepatnya berlokasi di Darat pada jarak 21.9 km, Barat Laut Laeya Kabupaten Konsel, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) pada kedalaman 5 km.

"Gempa bumi susulan ketiga kali itu terjadi dini hari sekira pukul 10.00 Wita," kata Kepala BMKG Kendari, Rudin, Kamis (8/4/2021).

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar Lainea di Barat Laut Laeya.

Baca juga: BMKG Deteksi Dua Kali Gempa Bumi Guncang Konsel

Dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di wilayah Laeya dengan skala Intensitas II - III MMI.

"Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Namun, hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut," jelasnya.

Pihaknya juga terus mengimbau masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Hingga saat ini, hasil monitoring BMKG menunjukkan bahwa tidak ada  kejadian gempabumi susulan," tutupnya.

Sebelumnya, wilayah Konsel telah diguncang gempa sebanyak dua kali yakni, gempa bumi pertama terjadi pada hari Rabu 7 April 2021 kemarin, sekira pukul 22.27 Wita.

Kemudian, gempa bumi kedua terjadi pada Kamis 8 April 2021 dini hari, sekira pukul 09.00 Wita. (B)

Reporter: Hamka Dwi Sultra

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga