Gerbang Batas Kota Kendari-Kabupaten Konawe Selatan Dibongkar

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Jumat, 16 Juni 2023
0 dilihat
Gerbang Batas Kota Kendari-Kabupaten Konawe Selatan Dibongkar
Pemkot membongkar gerbang batas Kota Kendari-Kabupaten Konawe Selatan untuk dilakukan perbaikan. Foto: Nur Khumairah/Telisik

" Pemerintah Kota Kendari melakukan revitalisasi gerbang batas Kota Kendari-Kabupaten Konawe Selatan "

KENDARI, TELISIK.ID - Pemerintah Kota Kendari melakukan revitalisasi gerbang batas Kota Kendari-Kabupaten Konawe Selatan. Renovasi gerbang batas kota dianggap sangat penting dilakukan, karena merupakan pintu masuk ke wilayah Kota Kendari.

Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu, saat meninjau gerbang tersebut mengatakan, sebelumnya telah dilakukan sayembara pada 2022 lalu, untuk menentukan desain gerbang batas kota yang akan digunakan. Bahkan telah dianggarkan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2023.

"Karena apapun itu, gerbang batas kota sebagai penanda pintu masuk Kota Kendari, itu akan menjadi yang pertama dilihat oleh warga masyarakat yang masuk di Kota Kendari," ungkapnya pada awak media, Jumat (16/6/2023).

Selain itu, pembangunan gerbang baru menunjukkan bagaimana keindahan Kota Kendari bila dimulai dari area pintu masuk kedatangan dan perbatasan Kota Kendari-Kabupaten Konawe Selatan.

Baca Juga: Kerlap-Kerlip Batas Kota Kendari di Malam Hari

Di sisi lain, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Kendari, Erlis Sadya Kencana mengatakan, pembongkaran gerbang akan berlangsung sekitar 5 hingga 6 hari.

"Karena ini strukturnya struktur lama, jadi kayaknya kuat besinya. Biasanya itu yang jadi hambatan. Tapi kalau misalnya tulang besi di dalamnya agak kecil, itu bisa lebih cepat lagi," ungkapnya.

Baca Juga: Tapal Batas Kota Kendari-Konawe Selatan Disepakati

Erlis menyampaikan bahwa APBD yang digunakan untuk menyelesaikan gerbang batas kota sekitar Rp 950 juta.

"Itu anggaran sampai selesai, tapi mungkin ada beberapa aksesoris-aksesoris yang belum masuk," pungkasnya.

Nadia Rahmatia, warga Kota Kendari berharap dengan dibangunnya gerbang baru, bisa membuat wajah baru di pintu masuk Kota Kendari. Selain itu ia juga berharap pembangunan gerbang baru menambah keindahan Kota Kendari. (A)

Penulis: Nur Khumairah Sholeh Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga