Google Maps Kini Pakai Fitur AI

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 30 Oktober 2023
0 dilihat
Google Maps Kini Pakai Fitur AI
Google Maps menggunakan fitur AI dengan menambahkan sejumlah pembaruan yang dirancang untuk memudahkan pengguna melakukan pencarian, menjelajahi lingkungan sekitar, dan mencapai tujuan mereka. Foto: Kompas.com

" Google Maps menggunakan fitur AI dengan menambahkan sejumlah pembaruan yang dirancang untuk memudahkan pengguna melakukan pencarian, menjelajahi lingkungan sekitar, dan mencapai tujuan mereka "

KENDARI, TELISIK.ID - Google Maps menggunakan fitur AI dengan menambahkan sejumlah pembaruan yang dirancang untuk memudahkan pengguna melakukan pencarian, menjelajahi lingkungan sekitar, dan mencapai tujuan mereka.

Dengan dukungan itu, pengguna bisa mencari lokasi atau rekomendasi tempat memakai kata kunci (keyword) pertanyaan.

Praktik itu cukup mirip seperti keyword yang sering dipakai orang-orang lewat Google Search. Dengan cara itu, pengguna akan mendapatkan daftar lokasi atau tempat terdekat yang cocok dengan keyword seperti dikutip dari Kompas.com dan republika.co.id:

1. Saran aktivitas serum

Hasil pencarian jadi lebih terorganisir tentang hal-hal di sekitar pengguna. Misalnya, memberikan rekomendasi tetang "aktivitas yang dapat dilakukan" seperti "anime", “bunga sakura", atau "pameran seni" di Tokyo, Jepang.

Baca Juga: 3 Rekomendasi HP Gaming 2023, Main Game Anti Lemot

Anda dapat mengetuk tempat tersebut dan menavigasi ke arah sana atau menyimpannya untuk nanti saja. Pembaruan ini, yang dirancang untuk membantu Anda menemukan aktivitas dan pilihan bersantap, akan diluncurkan secara global di Android dan iOS dalam beberapa pekan mendatang.

2. Navigasi antarmuka

Google juga mengumumkan bahwa antarmuka navigasi Maps akan segera mencerminkan lingkungan sekitar dengan lebih akurat. Misalnya, Anda akan melihat bangunan yang lebih realistis untuk mengarahkan pengguna dengan lebih baik saat berkendara di pusat kota.

Selain warna yang diperbarui pada peta, Anda sekarang akan melihat detail jalur yang ditingkatkan saat berada di jalan raya, yang akan berguna saat harus dengan cepat melintasi beberapa jalur untuk keluar. Pembaruan ini akan mulai diluncurkan dalam beberapa bulan mendatang di 12 negara, termasuk AS, Kanada, Prancis, dan Jerman.

3. Info charging

Info charging station Fitur baru Google Maps lainnya yaitu informasi soal ketersediaan stasiun pengisi daya kendaraan listrik (charging station). Dengan fitur ini, pengguna bisa bertanya ke Maps "apakah stasiun pengisi daya yang saya tuju berfungsi?".

Kemudian Maps akan memberikan informasi kapan pengisi daya yang dimaksud pengguna, terakhir kali dipakai untuk menunjukkan bahwa fasilitas yang dimaksud beroperasi atau tidak.

4. Immersive view fitur

Fitur ini sebenarnya sudah diumumkan perusahaan pada awal tahun ini. Immersive View di Google Maps menawarkan tampilan 3D ke pengguna, sehingga membantu mereka melihat lebih jelas ke mana harus pergi. Selain tampilannya yang berbeda, fitur ini juga menawarkan info lainnya seperti lokasi bisnis lokal, cuaca hingga lalu lintas.

Baca Juga: Turun Harga hingga Rp 700 Ribu, Begini Spesifikasi Redmi Note 11

Fitur Immersive View sudah tersedia untuk pengguna Android dan iOS di 15 kota, termasuk Amsterdam, Barcelona, Dublin, Florence, Las Vegas, London, Los Angeles, Miami, New York, Paris, San Francisco, San Jose, Seattle, Tokyo, dan Venesia

5. Lens in maps

Dengan fitur ini, pengguna bisa memakai kamera dan mengarahkannya ke lingkungan sekitar macam gedung, sehingga Maps bisa menampilkan informasi stasiun kereta terdekat misalnya, kedai kopi, ATM dan lain-lain.

Google juga mengubah warna tampilannya ketika menavigasi. Bangunan yang tampil di Maps dibuat lebih realistis dan jalur yang rumit juga dibuat lebih jelas. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga