Gua Kofokotiu Muna, Airnya Berwarna Biru, Tempat Mandi Laki-Laki dan Perempuan Terpisah

Sunaryo, telisik indonesia
Minggu, 25 Juni 2023
0 dilihat
Gua Kofokotiu Muna, Airnya Berwarna Biru, Tempat Mandi Laki-Laki dan Perempuan Terpisah
Gua Kofokotiu Muna dengan airnya berwarna biru. Untuk sampai ke lokasi, jaraknya hanya sekitar 1,5 jam dengan mengendari mobil atau sepeda motor. Foto: Ist.

" Kabupaten Muna menyimpan segudang destinasi wisata yang indah. Salah satunya Gua Kofokotiu yang terletak di Desa Oelongko, Kecamatan Bone "

MUNA, TELISIK.ID - Kabupaten Muna menyimpan segudang destinasi wisata yang indah. Selain wisata pantai, juga ada gua. Uniknya, ada gua yang di dalamnya terdapat mata air berwarna biru. Adalah Gua Kofokotiu yang terletak di Desa Bonetondo, Kecamatan Bone.

Masyarakat sekitar menamakan Gua Kofokotiu. Kofokotiu merupakan bahasa Muna yang berartikan tempat disembunyikan orang. Untuk sampai ke lokasi, jaraknya hanya sekitar sekitar 1,5 jam dengan mengendari mobil atau sepeda motor.

Dari mulut gua, sudah terlihat air berwarna biru yang panjangnya sekitar 16 meter. Airnya jernih dan dingin. Uniknya, tempat mandi laki-laki dan perempuan dipisahkan dengan dinding bebatuan.

Camat Bone, Sitti Lestari G.Bitu menerangkan, lokasi wisata itu dibiayai menggunakan Dana Desa (DD). Jaraknya tidak terlalu jauh dari jalan poros, hanya sekitar 100 meter. Telah banyak wisatawan yang berkunjung ke ke lokasi itu.

Baca Juga: Pantai Lakadao Buton Selatan, Surga Tersembunyi dengan Tebing Menjulang

"Untuk panjangnya sekitar 16 meter, hanya kedalamanya belum bisa dipastikan. Karena dulu ada yang menyelam, sudah sekitar 400 meter, belum mendapatkan dasarnya," kata Lestari, Minggu (25/6/2023).

Fasilitas di lokasi wisata itu, sudah banyak yang rusak. Misalnya, tangga menuju gua. Karenanya, pemerintah kecamatan akan mencoba mengusulkan di APBD.

Baca Juga: Sederet Keindahan Alam Desa Wisata Sani-Sani Kolaka, Serasa di Atas Awan

Sementara itu, Kadis Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Muna, Syahrir mengaku, telah menginventarisir tempat-tempat wisata baru. Gua Kofokotiu sangat bagus. Pihaknya, akan mengembangkan wisata itu dengan menyiapkan sarana dan prasana seperti, parkiran, gazebo dan tangga masuk ke dalam gua.

"Kita coba usulkan di APBD dan berkoordinasi dengan desa untuk menggunakan DD," tandasnya. (B)

Penulis: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga