Ini 5 Rekomendasi Wisata Gua Andalan Buton Tengah untuk Liburan Idul Adha

La Ode Sugia, telisik indonesia
Kamis, 30 Mei 2024
0 dilihat
Ini 5 Rekomendasi Wisata Gua Andalan Buton Tengah untuk Liburan Idul Adha
Lima destinasi wisata gua andalan Buton Tengah. Foto: La Ode Sugia/Telisik

" Hari libur lebaran Idul Adha 1445 Hijriah 2024 masehi tidak lama lagi. Tentunya Anda harus menentukan lokasi wisata yang cocok untuk mengisi hari libur "

BUTON TENGAH, TELISIK.ID - Hari libur lebaran Idul Adha 1445 Hijriah 2024 masehi tidak lama lagi. Tentunya Anda harus menentukan lokasi wisata yang cocok untuk mengisi hari libur.

Berikut Telisik.id merangkum beberapa rekomendasi destinasi wisata gua andalan Buton Tengah "Negeri Seribu Gua" yang bisa dikunjungi bersama keluarga dan teman:

1. Gua Koo

Gua Koo merupakan wisata yang kerap dikunjungi oleh para wisatawan, baik dari Buton Tengah maupun di luar Daerah Buton Tengah, saat hari libur maupun hari-hari biasa.

Gua Koo terletak di Desa Lantongau, Kecamatan Mawasangka, Kabupaten Buton Tengah. Gua Koo selain memiliki air yang biru dan jernih, Gua Koo memiliki dinding gua yang menjulang tinggi.

Gua Koo memiliki kedalaman mencapai 30 meter, sehingga untuk masuk ke dalam gua, wisatawan harus menuruni anak tangga yang terjal, di dalam gua juga terdapat pepohonan rindang dan tumbuhan-tumbuhan hijau yang menambah keasrian wisata tersebut.

Baca Juga: Momen Bangkit dan Promosi Wisata Bombana, Festival Tangkeno Bakal Digelar

Air dari dalam Gua Koo tidak pernah mengalami kekeringan, oleh sebab itu, masyarakat sekitar memanfaatkan air gua tersebut sebagai air minum yang dikonsumsi sehari-hari, sehingga pemerintah dan masyarakat setempat melarang wisatawan untuk berenang di gua tersebut.

"Air Gua Koo sangat jernih, tetapi wisatawan dilarang mandi karena airnya digunakan untuk kebutuhan hidup masyarakat sekitar, untuk pengunjung biasa tarif masuk di wisata ini tidak ada, karena suda beberapa kali saya ke wisata tersebut, tidak ada satu orang pun yang menagih tarif masuk," ujar Fija, wisatawan yang kerap berkunjung ke Gua Koo, melalui sambungan telepon, Kamis (30/5/2024).

2. Gua Bidadari

Tidak kalah menarik dari gua lainnya, Gua Bidadari adalah gua yang di juluki sebagai "Si bidadari" Karena kecantikan dan keindahanya.

Gua Bidadari sebuah destinasi wisata yang terletak di Desa Kolowa, Kecamatan Gu, Kabupaten Buton Tengah yang memiliki perpaduan gua, antar gua berair dan gua kering.

Cahaya matahari yang masuk melalui mulut gua memberikan penerangan alami di dalam gua sehingga menambah nilai ke elokan wisata tersebut. Saat pengunjung memasuki dalam gua, pengunjung akan disuguhkan dengan keindahan bebatuan gua yang memukau.

Selain menikmati keindahan alam di dalam gua, pengunjung juga bisa merasakan kesegaran dengan berendam di kolam air alami yang terdapat di dalam gua. Meski tidak begitu luas, kolam tersebut bisa menjadi tempat wisatawan untuk bersantai.

Akses jalan menuju Gua Bidadari tidak rumit,gampang di temukan dan tidak jauh dari jalan raya. Fasilitas yang tersedia di Gua Bidadari juga memadai, batuan kalsit yang membentuk dinding gua menambah daya tarik wisata dan menciptakan pemandangan yang memukau.

3. Gua Kotaeno

Gua Kotaeono terletak di Kelurahan Rahia, Kecamatan Gu, Kabupaten Buton Tengah (Buteng). Gua Kotaeno diapit tebing yang tinggi, dan memiliki pesona air yang biru serta jernih yang dapat memanjakan mata setiap pengunjungnya.

Selain itu, salah satu yang unik dari wisata tersebut yakni, Gua Kotaeono menjadi pertemuan antara air asin dan air tawar ketika laut sedang surut (Air payau).

Adapun rute jalan untuk menuju Gua Kotaeono, pengunjung dari daerah lain, seperti dari daerah Kabupaten Muna bisa menggunakan transportasi darat dari Kota Raha menuju Kabupaten Buton Tengah dengan jarak tempuh 2 jam perjalanan.

Untuk biaya masuk ke Gua Kotaeno juga tidak perlu mengorek kantong, cukup Rp. 2.000 per orang sudah bisa untuk menikmati keindahannya dan berpose suka ria.

Di Gua Kotaeno bisa menggunakan perahu kecil sebagai Photo booth dan penambah fasilitas wisata di tengah-tengah antara tebing tinggi,dengan biaya Rp 10.000 per orang.

4.Gua Laumehe

Gue Laumehe adalah sebuah destinasi wisata  kategori Gua Kering yang bernuansa adventure yang ditempuh dengan berjalan kaki. Gua Laumehe menyuguhkan pesona keindahan ornamen kars berupa stalakmit dan stalaktit yang padat, dan terdapat banyak Gua kecil di dalamnya.

Gua Laumehe terpilih sebagai nominasi destinasi wisata kategori olahraga dan pertualangan pada ajang API Award tahun 2022 karena keindahan dan keunikannya.

Gua Laumehe terletak di Desa Wantopi, Kecamatan Mawasangka Timur, Kabupaten Buton Tengah yang memiliki jalur terjal tetapi muda di lalui.

Baca Juga: Pelaku UMKM Keciprat Rezeki dari Festival Kande-Kandea Tolandona Buton Tengah

"Walaupun perjalanan menuju ke dalam Gua agak terjal tetapi semua dapat terbayarkan dengan suguhan ke elokanya," ujar Andri, salah satu warga Kecamatan Mawasangka yang pernah berkunjung ke tempat itu melalui sambungan telepon.

5. Gua Maobu

Gua Maobu terletak di Desa Lolibu Kecamatan Mawasangka Tengah, gua tersebut juga pernah masuk menjadi nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) Award pada tahun 2021 silam.

Gua Maobu tidak memiliki ukuran besar namun memiliki tingkat kedalaman mencapai 8 meter dengan air yang sangat jernih dan dasar kolamnya masih terlihat jelas.

Air dari Gua Maobu adalah air payau karena letak gua yang berdekatan dengan pantai, untuk menemukan gua tersebut sangat mudah karena sudah ada papan nama yang di letakkan pas di pinggir jalan.

"Gua tersebut lokasinya sangat strategis, letaknya berada di pinggir jalan, dan dari area parkir, tinggal menurun beberapa anak tangga untuk mencapai gua hingga sudah bisa menikmati kesegaran air dan keindahan Gua Maobu," Kata Asrul, wisatawan yang aktif berkunjung ke beberapa wisata Buton Tengah, saat di konfirmasi melalui sambungan WhatsApp. (A)

Penulis: La Ode Sugia

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga