Pantai Lakadao Buton Selatan, Surga Tersembunyi dengan Tebing Menjulang

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Senin, 29 Mei 2023
0 dilihat
Pantai Lakadao Buton Selatan, Surga Tersembunyi dengan Tebing Menjulang
Pantai Lakadao terletak di Desa Burangasi, Kecamatan Lapandewa, Buton Selatan. Pantai ini menyajikan keindahan alam eksotis dengan latar tebing tinggi mengelilinginya. Foto: Facebook Pokdarwis Busel

" Kabupaten Buton Selatan, menyimpan surga tersembunyi yang keberadaannya patut dipamerkan ke banyak orang, yaitu Pantai Lakadao "

BUTON SELATAN, TELISIK.ID - Kabupaten Buton Selatan, menyimpan surga tersembunyi yang keberadaannya patut dipamerkan ke banyak orang, yaitu Pantai Lakadao.

Dilansir dari Dndsandyra.com, pantai ini terletak di Desa Burangasi, Kecamatan Lapandewa, Kabupaten Buton Selatan, Sulawesi Tenggara.

Berwisata ke Pantai Lakadao akan memberikan pengalaman baru bagi Anda karena suasana pantai ini masih sangat alami dan bisa memanjakan mata di sini.

Pantai Lakadao memiliki beberapa daya tarik, salah satunya berupa tebing yang tingginya hampir 80 meter dan lebarnya sekitar 50 meter. Bagi wisatawan yang menyukai panjat tebing, tempat ini sangat cocok untuk panjat tebing.

Baca Juga: Lapa-Lapa Ubi Makanan Khas Masyarakat Buton Selatan

Keunikan lain dari Pantai Lakadao adalah di tengah pantai terdapat batu karang besar dengan gazebo di atasnya, di mana Anda bisa beristirahat dan menikmati sisi lain Pantai Lakadao dari atas.

Pantai Lakadao dihiasi tebing dan batu-batuan besar, batu tersebut dimanfaatkan jadi spot foto cantik. Foto: Facebook Pokdarwis Busel

 

Agar pengalaman berwisata Anda semakin menyenangkan, tidak ada salahnya mencoba wisata bawah laut di Pantai Lakadao, namun jangan lupa untuk membawa peralatan snorkeling karena tidak ada persewaan peralatan snorkeling di pantai ini.

Selain snorkeling, banyak kegiatan lain yang dapat Anda lakukan seperti, berenang, memancing atau bahkan menyelam. Bagi pengunjung yang suka berkemah, kawasan Pantai Lakadao yang luas bisa digunakan untuk mendirikan tenda sambil menikmati keindahan sunrise dan sunset.

Angin sejuk bertiup dan hamparan pasir putih di sepanjang pantai membuat Anda semakin nyaman melepas penat di Pantai Lakadao. Untuk menuju Pantai Lakadao, ada tiga jalur alternatif yang bisa Anda pilih.

Pertama, jika Anda datang dari Kota Baubau Anda bisa langsung menuju Desa Burangasi yang memakan waktu 1,5 jam dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Setelah sampai Desa Burangasi maka Anda pelu berjalan kaki lagi menuju lokasi dengan estimasi perjalanan hampir 2 jam.

Kedua, dari Kota Baubau langsung ke Desa Wabula, dibutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk sampai ke Desa Wabula, setelah sampai, Anda perlu berjalan kaki lagi menuju lokasi dengan estimasi perjalanan hampir 2 jam.

Adapaun alternatif yang ketiga, dari Kota Baubau, Anda bisa langsung menuju Desa Bahari yang berjarak sekitar 2 jam perjalanan. Sesampainya di Desa Bahari, Anda bisa langsung menyewa kapal dengan harga sekali sewa sebesar Rp 350.000 per trip.

Baca Juga: Tradisi Kande-Kandea Warnai Festival Pilumeano We'e Masyarakat Bola Buton Selatan

Menurut salah seorang pegiat sosial di Desa Burangasi, Kurnia Kim mengatakan, saat ini Pantai Lakadao bisa dikunjungi secara gratis untuk wisatawan manapun.

Tiket masuk di pantai tersebut belum diberlakukan karena masih dalam tahap pengurusan ke kementerian untuk dapat dikelola Bumdes.

“SDM kami masih kurang, banyak potensi wisata di desa kami tapi bingung pengelolaanya bagaimana,” tandasnya. (B-Adv)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga