Mengenal Air Terjun Moramo, Salah Satu Wisata Unggulan Sulawesi tenggara

Nyoman Andre Mahendra, telisik indonesia
Sabtu, 08 Juli 2023
0 dilihat
Mengenal Air Terjun Moramo, Salah Satu Wisata Unggulan Sulawesi tenggara
Keindahan permandian air terjun Moramo, merupakan wisata andalan Sulawesi Tenggara. Foto: Nyoman Andre Mahendra/Telisik

" Sulawesi Tenggara banyak memiliki obyek wisata, baik wisata pantai, bahari maupun wisata pegunungan, tentunya tidak kalah keindahannya dengan obyek wisata dari daerah lain "

KONAWE SELATAN TELISIK.ID - Sulawesi Tenggara banyak memiliki obyek wisata, baik wisata pantai, bahari maupun wisata pegunungan, tentunya tidak kalah keindahannya dengan obyek wisata dari daerah lain.

Salah satu unik dan wisata yang menyegarkan di Sulawesi Tenggara, yakni air terjun Moramo yang berada di Desa Sumber Sari, Kecamatan Moramo, Kabupaten Konawe Selatan.

Air terjun Moramo, merupakan salah satu pemandian air tawar yang terindah di Indonesia, memang memiliki karakter unik dan terdapat sejumlah perbedaan dari air terjun pada umumnya.

Air terjun ini memilki ketinggian sekitar 120 meter, merupakan air terjun yang berundak-undak dengan lapisan batu-batuan besar yang menampilkan keindahan.

Baca Juga: Ritual Adat Sangka: Tradisi Tolak Bala Ala Masyarakat Desa Kaimbulawa Buton

Itu membuat takjub orang yang melihatnya. Air terjun yang meluncur deras pada batuan granit yang terbentuk selama ribuan tahun lalu ini, terasa lebih istimewa dengan warna pelangi yang terpancar dari buih-buih air yang mengalir.

Dari sekian banyak kolam tersebut, terdapat beberapa lokasi bisa dimanfaatkan untuk berenang. Salah satunya kolam yang terletak di tingkat kedua.

Keindahannya tidak berakhir sampai di situ saja, air terjun juga menawarkan keindahan alam yang sangat asri dan sejuk, sangat memanjakan mata jika berkunjung ke air terjun tersebut.

Wisata air terjun Moramo ini juga sering dijadikan lokasi foto bersama pasangan, keluarga, bahkan sering dijadikan objek foto prewedding.

"Lokasi ini kami selalu jaga keindahan dan keasriannya. Kami selalu menjaga agar para pengunjung selalu nyaman dengan wisata ini, dari lahan parkir, toilet, bahkan warung warung cemilan untuk persiapan naik ke puncak air terjun," ungkap salah satu penjaga kawasan air terjun, Ardi, Sabtu (8/7/2023).

Baca Juga: Mengenal Tapua, Alat Tenun Konvensional yang Hasilkan Ratusan Jenis Sarung Buton

Kawasan itu sangat ramai saat weekend, walaupun dari tempat parkir menuju lokasi permandian yang membutuhkan perjuangan dan tenaga yang lumayan besar, tidak menyurutkan semangat para wisatawan untuk bisa mencapai permandian itu.

"Kami dari tempat parkir berjalan paling lambat 30 menit untuk tiba di lokasi kolam air terjun, tapi itu tidak terasa karena dengan sejuknya perjalanan serta indahnya kiri-kanan yang disediakan oleh alam. Kami tidak merasakan lelah sama sekali," ujar salah satu pengunjung, Indra.

Wisata air terjun ini sangat menjadi prioritas pemerintah daerah setempat maupun provinsi, bahkan secara nasional, beberapa hal yang sudah diperbarui di kawasan itu berupa lahan parkir dan jaringan seluler yang sudah lebih baik. (B)

Penulis: Nyoman Andre Mahendra

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga