Gubernur dan Wagub Sultra Apresiasi Promosi Jabatan La Ode Aries El Fathar

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Selasa, 10 Agustus 2021
0 dilihat
Gubernur dan Wagub Sultra Apresiasi Promosi Jabatan La Ode Aries El Fathar
Laode Aries yang kini menjabat Direktur Narkoba Polda Sulsel. Foto: Ist.

" Gubernur Sultra, H Ali Mazi bersama Wakil Gubernur, H Lukman Abunawas, memberikan ucapan selamat atas promosi jabatan baru Kombes Pol La Ode Aries El Fathar, S.IK. "

KENDARI, TELISIK.ID - Gubernur Sultra, H Ali Mazi bersama Wakil Gubernur, H Lukman Abunawas, memberikan ucapan selamat atas promosi jabatan baru Kombes Pol La Ode Aries El Fathar, S.IK.

Ali Mazi dan Lukman mengucapkan selamat dan sukses kepada La Ode Aries, atas amanah jabatan baru sebagai Direktur Narkoba Polda Sulawesi Selatan (Sulsel).

"Salah satu putra daerah terbaik, La Ode Aries tidak semata-mata menjalankan tugas penegakan hukum, tetapi bersama pemerintah daerah ikut serta mencari solusi menyelesaikan problem yang terjadi di tengah masyarakat," ungkap Ali Mazi, Selasa (10/8/2021).

 

Gubernur Sultra, H Ali Mazi dan Wakil Gubernur Sultra, H Lukman Abunawas. Foto: Repro Jpnn.com

 

Untuk itu, Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra, mewakili masyarakat percaya kepada La Ode Aries berbekal kecerdasan, humanis, dan berani akan menggapai sukses di tempat tugas baru di Polda Sulawesi Selatan.

Jabatan La Ode Aries yang sebelumnya Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sultra, telah diserah terimakan ke AKBP Bambang Wijarko.

La Ode Aries El Fathar dipromosikan dengan jabatan baru sebagai Direktur Narkoba Polda Sulawesi Selatan menggantikan Kombes Pol Yani Sudarto, SIK.

 

Serah terima jabatan Mantan Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sultra, La Ode Aries kini menjabat Direktur Narkoba Polda Sulsel. Foto: Ist.

 

Sedangkan AKBP Bambang Wijarko sebelumnya sebagai Kabagbinopsnal Polda Nanggoroe Aceh Darusalam (NAD). 

Serah terima jabatan yang berlangsung dalam tatanan protokol kesehatan ini dipimpin Kapolda Sultra, Irjen Pol Drs Yan Sultra Indrajaya SH.

"Mutasi pejabat lingkup Polri lumrah sebagai ruang promosi karier. Anggota Polri siap mengemban amanah di mana saja dan kapan saja," kata Kapolda Yan Sultra.

Kombes Pol La Ode Aries yang didapuk menjadi Direktur Narkoba Polda Sulawesi Selatan dikenal berkarakter luwes dan harmonis semua pihak. 

Baca juga: Kisah di Balik Buku Nur Alam yang Dipenjarakan: Dipaksa Salah Divonis Kalah

Baca juga: PPKM Diperpanjang, Wali Kota Beri Kemudahan Bagi Wajib Pajak

"Saya pegang teguh pesan orang tua bahwa nikmati hasil keringatmu. Jangan mengambil hak orang lain. Ini pesan orang tua saya," kata La Ode Aries alumni Akpol tahun 1994.

La Ode Aries yang mengawali karier korps Bayangkara tahun 1995 di Polres Fak-Fak Papua tidak memiliki iming-iming berlebihan.

“Bagi saya hidup ini biar mengalir seperti air. Apa yang ada di tangan kita itulah yang kita pertanggungjawabkan. Anak buah dan komandan adalah posisi dalam institusi. Sebagai abdi negara sama-sama memiliki tanggung jawab,” ujar putra dari pasangan La Ode Zainoeddin dan Tamriah.

Setelah meniti karier, mulai dari Papua, Nanggoroe Aceh Darusalam, Jogya, Polda Metro Jaya dan Mabes Polri hingga tahun 2009 mendapat tugas di kampung halaman di Polda Sulawesi Tenggara.

Kala itu, La Ode Aries sebagai putra daerah Buton memiliki tanggung jawab moril mencairkan dinamika kalangan mahasiswa dengan peran kepolisian sebagai penegak hukum, pelindung masyarakat dan pelayan masyarakat.

Pendekatan persuasif dibangun La Ode Aries dengan elemen organisasi kemahasiswaan, antara lain Universitas Haluoleo, IAIN Kendari,  Universitas Muhammadiyah Kendari, Universitas Sulawesi Tenggara, dan perguruan tinggi lainya di daerah itu.

Dua tahun bertugas pada Direktorat Reserse Polda Sultra, ia kemudian mengemban amanah sebagai Kapolres Kolaka Utara tahun 2011.

Pemekaran dari Polres Kolaka yang berbatasan dengan Provinsi Sulawesi Selatan tentu bergelimang keterbatasan.

Semangat kerja dan inovasi terus berkobar. Fasilitas kantor daerah otonom yang serba terbatas tidak menjadi hambatan melayani masyarakat yang heterogen.

“Keterbatasan itulah yang menjadi pemicu membuat terobosan agar kantor Polres Kolaka Utara berubah. Delapan puluh persen kantor Polres Kolaka Utara yang megah hari ini dibangun dengan sumber pembiayaan swadaya,” kata suami dari Wa Ode Ndolasi.

Selain La Ode Aris, Karolog Polda Sultra berganti dari Kombes Pol Made Sutersen, SH ke pejabat baru Kombes Pol Leo Joko Triwibowo, S.IK yang sebelumnya sebagai Kapolresta Pontianak, Polda Kalimantan Barat. (A-Adv)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga