Gunung Es di Antartika Ini Lepas Lagi, Kini Berada di Lintasan Drake Passage

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 09 November 2022
0 dilihat
Gunung Es di Antartika Ini Lepas Lagi, Kini Berada di Lintasan Drake Passage
Antartika lagi-lagi kehilangan sebagian gunung es di wilayahnya. Baru-baru ini ilmuwan menemukan jika terjadi pecahan di daerah salju abadi tersebut. Gunung es itu bernama A-76A yang kini berada di Drake Passage (jalur kematian gunung es). Foto: Repro Journalsofindia.com

" Data yang dikumpulkan oleh Pusat Es Nasional AS pada Juni mengungkapkan bahwa ukuran A-76A hampir sama seperti ketika retak dari gunung induknya lebih dari setahun lalu "

ANTARTIKA, TELISIK.ID - Antartika lagi-lagi kehilangan sebagian gunung es di wilayahnya. Baru-baru ini ilmuwan menemukan jika terjadi pecahan di daerah salju abadi tersebut.

Melansir Livescience.com, sebuah citra satelit baru menunjukkan bahwa gunung es terbesar di dunia (yang di beri kode A-76A) telah memasuki Drake Passage, jalur air yang berisi arus laut. Ini merupakan jalur air yang berisi arus laut yang bergerak cepat yang akan mengirim gunung es besar itu yang menghubungkan samudera Pasifik dan Atlantik.

Lempengan es raksasa, ini memiliki panjang sekitar 84 mil (135 kilometer) dan lebar 16 mil (26 km). Ini adalah fragmen terbesar dari gunung es terbesar sebelumnya di dunia, Rhode Island ukuran A-76, yang pecah dari sisi barat Ronne Ice Shelf Antartika pada Mei 2021 dan kemudian retak menjadi tiga bagian: A-76A, A-76B dan A-76C. 

Mengutip Sindonews.com, data yang dikumpulkan oleh Pusat Es Nasional AS pada Juni mengungkapkan bahwa ukuran A-76A hampir sama seperti ketika retak dari gunung induknya lebih dari setahun lalu.

Baca Juga: Ini Penemuan Ilmuwan yang Ada Sejak 5000 SM, Kini Ramai Dimanfaatkan

Baca Juga: Jauh Sebelum Mengenal Dunia Medis, Ini Daerah di Indonesia yang Pertama Kali Cetuskan Amputasi

Namun, kondisinya itu tidak utuh karena Drake Passage dikenal sebagai jalur kematian gunung es. Alasan utamanya adalah Arus Circumpolar Antartika (ACC), itu satu-satunya arus yang mengalir sepenuhnya di seluruh dunia, dan mengandung lebih banyak air daripada arus lainnya di Bumi. ACC, yang membentang dari barat ke timur melalui Drake Passage, mengangkut antara 95 dan 150 juta meter kubik air setiap detik.

Penampakan gunung es A-76A yang terlepas, terekam pada 31 Oktober 2022 lalu oleh satelit Terra NASA dan dirilis secara online pada 4 November oleh Earth Observatory NASA. Gambarnya menunjukkan bahwa gunung es A-76A saat ini berada di antara Pulau Gajah dan Kepulauan South Orkney. Namun, lintasannya mengisyaratkan akan menuju lebih jauh ke utara ke jalur air pada beberapa minggu ke depan.

Saat ini belum diketahui secara jelas berapa lama A-76A akan tetap berada di Lintasan Drake dan di mana akan berakhir. Termasuk berapa lama akan bertahan setelah arus turbulen melemparkan massa es ke utara. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga