Jauh Sebelum Mengenal Dunia Medis, Ini Daerah di Indonesia yang Pertama Kali Cetuskan Amputasi

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 09 November 2022
0 dilihat
Jauh Sebelum Mengenal Dunia Medis, Ini Daerah di Indonesia yang Pertama Kali Cetuskan Amputasi
Amputasi dalam dunia medis pertama kali dilakukan di Indonesia, berdasarkan hasil penemuan fosil pada tiga puluh ribu tahun yang lalu. Foto: Repro Detik.com

" Ilmuwan mencatat jika amputasi pertama kali dilakukan di Indonesia, tepatnya di Gua Liang Tebo, Semenanjung Sakulirang Mangkalihat, Kalimantan Timur "

KENDARI, TELISIK.ID - Kita mengenal istilah amputasi dalam dunia medis. Amputasi berasal dari kata “amputate“ yang berarti “pancung”. Amputasi dapat diartikan sebagai tindakan memisahkan sebagian atau membuang beberapa bagian tubuh demi keselamatan dan nyawa pasien.

Selain melindungi nyawa pasien, amputasi dalam dunia medis sudah mendapatkan persetujuan dari dokter dengan melihat riwayat dan keadaan pasien itu sendiri, jadi amputasi tak sembarangan dilakukan.

Ada sejarah menarik dari dunia medis ini. Ilmuwan mencatat jika amputasi pertama kali dilakukan di Indonesia, tepatnya di Gua Liang Tebo, Semenanjung Sakulirang Mangkalihat, Kalimantan Timur.

Dikutip dari Sindonews.com, gua itu berada di kawasan gua kapur yang membentang seluas 4.200 kilometer persegi. Di kawasan ini ditemukan bukti peradaban berupa lukisan gua, ceruk gua tempat permukiman, dan pemakaman.

Usia kerangka diperkirakan 31.133 sampai 30.437 tahun yang lalu. Kerangka itu diduga dikubur antara enam sampai sembilan tahun setelah diamputasi. Dari kerangka itu, ilmuwan mendapati mulai dari lutut hingga kaki sudah tidak ada lagi.

Baca Juga: Ilmuwan Temukan Catatan Fosil, Benua Antartika Siap Huni?

Dari pengamatan lebih rinci di bagian tulang kaki, ada bekas-bekas yang diduga kuat merupakan potongan benda tajam. Bekas potongan itu dinilai sangat berbeda dari kecelakaan atau diserang binatang.

Melansir Goodnewfromindonesia.id, secara anatomi manusia Liang Tebo sudah masuk klasifikasi Homo Sapiens. Diduga kuat dari ciri-ciri tulang, kerangka itu milik remaja berusia 19-20 tahun, saat dikubur. Belum diketahui jenis kelaminnya, tetapi diduga adalah laki-laki.

Baca Juga: Ilmuwan Ungkap Usia Matahari Tinggal Segini

Para ilmuwan belum bisa menemukan dengan benda apa manusia pra sejarah tersebut melakukan amputasi. Menurut Renaud Joannes Boyau pakar dari Southern Cross University kemungkinan adalah batu yang tajam.

"Sudah pernah ditemukan peralatan batu dari zaman pra sejarah yang bisa dengan gampang melukai badan kita,” katanya. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga