Hadiri MKKS SMP, Pj Bupati Konawe: Secara Perlahan Kita Selesaikan Masalah

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Minggu, 22 Oktober 2023
0 dilihat
Hadiri MKKS SMP, Pj Bupati Konawe: Secara Perlahan Kita Selesaikan Masalah
Pj Bupati Konawe hadiri rakor MKKS SMP se-Kabupaten Konawe di Kecamatan Rotua bersama jajaran Forkopimda, DPRD serta OPD. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

" Penjabat (Pj) Bupati Konawe tekankan segera atasi keluhan kepala sekolah SMP se-Kabupaten Konawe untuk dapat terus meningkatkan sistem pendidikan "

KONAWE, TELISIK.ID - Penjabat (Pj) Bupati Konawe tekankan segera atasi keluhan kepala sekolah SMP se-Kabupaten Konawe untuk dapat terus meningkatkan sistem pendidikan.

Hal tersebut diungkapkan saat menghadiri rapat koordinasi musyawarah kerja kepala sekolah (MKKS) SMP se-Kabupaten Konawe, di SMPN 1 Routa, Sabtu (21/10/2023).

Kepala SMPN 1 Routa, Adelta mengatakan permasalahan yang dihadapi, pertama keterbatasan jaringan internet. Di Kecamatan Routa saat ini sudah ada jaringan seluler, namun jaringan seluler hanya lancar digunakan untuk menelepon, sedangkan untuk kebutuhan jaringan internet yang stabil masih belum memadai.

Sehingga lanjut Adelta, pihaknya berharap Pj Bupati Konawe untuk dapat memberikan bantuan berupa satelit, sehingga sekolah dapat mengakses jaringan internet dengan maksimal.

Baca Juga: Pj Bupati Konawe Segera Perbaiki Jalan dan Saluran Irigasi Desa Walandawe

Kedua, ucap Adelta yakni aliran listrik, dalam PBM dan pelaksanaan kegiatan di sekolah selama ini hanya mengandalkan mesin genset, yang mana mesin tersebut tidak bisa dipakai setiap saat, sebab dalam pemanfaatannya membutuhkan bensin yang banyak.

Selanjutnya, kurangnya sarana dan prasarana untuk menunjang lancarnya proses belajar mengajar dan dalam rangka memberikan kenyamanan lingkungan belajar kepada siswa, maka saat ini SMPN Routa sangat membutuhkan mobiler, pagar sekolah, WC siswa yang sudah rusak berat dan jaringan wifi, agar pelaksanaan assesmen di sekolah bisa maksimal dengan keterbatasan anggaran yang miliki.

Terakhir, pengadaan air bersih, selama ini sumber air bersih hanya mengandalkan dari pegunungan, sehingga ketika memasuki musim kemarau, pihaknya kesulitan dalam pengadaan sumber air bersih seperti yang terjadi saat ini.

"Untuk mengatasi permasalah ini yang kami lakukan saat musim kemarau yaitu dengan pergi ke sungai di dekat sekolah, kebutuhan air merupakan kebutuhan yang sangat vital dan menjadi kebutuhan utama di sekolah kami," ungkapnya.

Ia juga berharap sejumlah persoalan tersebut bisa menjadi pertimbangan, khususnya kepada Pj Bupati Konawe dalam memenuhi standar pelayanan minimal di sekolah.

Ssmentara itu, Ketua MKKS Kabupaten Konawe, Runi menjelaskan, pihaknya telah melakukan diskusi dengan seluruh kepala sekolah SMP di Kabupaten Konawe dan merangkum sejumlah permasalahan yang ada.

Lebih lanjut Runi mengungkap, permasalahan yang ada saat ini beberapa SMP di Kabupaten Konawe belum memiliki sertifikat, dan ini sangat berpotensi digugat seperti yang terjadi di beberapa sekolah.

Kemudian kata Runi, kebutuhan mobiler dan pagar seperti diketahui belum semua sekolah mendapatkan bantuan mobiler, karena pemakaian mobiler setiap tahun itu selalu digunakan sama halnya dengan pagar sekolah.

"Selanjutnya terkait penganggaran dana Bos pusat yang tidak dapat digunakan sepenuhnya untuk kegiatan pembangunan sekolah," jelasnya.

Ia berharap, pemerintah daerah dapat menganggarkan Bos daerah, sehingga dapat menutupi kegiatan yang tidak bisa dianggarkan melalui Bos pusat.

Tempat sama, Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba mengucapkan apresiasi kepada Ketua MKKS Konawe, penyelenggaraan Rakor MKKS ini sudah memberikan kontribusi secara tidak langsung di Routa dalam menyumbang perputaran ekonomi.

Menanggapi permasalahan yang telah disampaikan, Harmin Ramba mengatakan, akan segera memerintahkan dinas terkait untuk melakukan peninjauan serta penyelesaian masalah yang ada.

"Kita secara perlahan menyelesaikan permasalah yang ada," jelasnya.

Harmin Ramba menjelaskan, terkait sertifikat pihaknya akan segera melakukan pengurusan kepemilikan sebagai aset melalui Bagian Pemerintahan agar di kemudian hari tidak terjadi sengketa.

Baca Juga: Kunjungi Routa, Pj Bupati Konawe Pindahkan Pemerintah Sehari

Lanjut Harmin Ramba, selain itu terkait dana Bos pihaknya juga akan mengalokasikan dana bos khusus bagi sekolah-sekolah yang berada di daerah terpencil seperti di Kecamatan Latoma dan Routa.

"Nanti yang tidak dapat Bos khusus akan dapat dana rutin," jelasnya.

Sementara itu lanjut Pj Bupati, terkait permasalahan jaringan internet di SMPN 1 Routa, pihaknya akan membangun penguat jaringan sembari menunggu proses pembuatan BTS di Kecamatan Routa.

Serta Pj Bupati Konawe akan menganggarkannya sarana kendaraan dinas bagi pengawas dan kepala sekolah di Kecamatan Routa. (A-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga