Pj Bupati Konawe Segera Perbaiki Jalan dan Saluran Irigasi Desa Walandawe

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Sabtu, 21 Oktober 2023
0 dilihat
Pj Bupati Konawe Segera Perbaiki Jalan dan Saluran Irigasi Desa Walandawe
Pj Bupati Konawe saat melakukan kunjungan kerja di Desa Walandawe Kecamatan Routa. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

" Penjabat (Pj) Bupati Konawe menjanjikan perbaikan jalan, perbaikan irigasi untuk area persawahan, dan penyaluran pupuk bagi petani di Desa Walandawe "

KONAWE, TELISIK.ID - Penjabat (Pj) Bupati Konawe menjanjikan perbaikan jalan, perbaikan irigasi untuk area persawahan dan penyaluran pupuk bagi petani di Desa Walandawe, Kecamatan Routa, Sabtu (21/10/2023).

Warga Desa Walandawe, Andri, menginginkan jalan segera diperbaiki karena jika masuk musim hujan, jalan ini sangat memprihatinkan karena becek. Sedangkan kalau kemarau seperti sekarang, kondisinya berdebu.

Lanjut warga, selain jalan, saluran irigasi yang belum terbangun dari bendungan ke daerah persawahan, menyebabkan area persawahan kering, itu juga perlu diperbaiki.

"Kemungkinan tahun ini gagal panen karena kemarau, tidak ada air sama sekali di sawah," bebernya.

Baca Juga: Serap Aspirasi Masyarakat, ARS Diminta Perbaiki Jalan Setapak di Mandonga

Selain itu, ia mengatakan, Pemda juga sebaiknya menyalurkan pupuk untuk tanaman padi, karena di sini harga pupuk sangat mahal, itu pun mengambil dari Sulawesi Selatan.

Ia menambahkan, area persawahan di Desa Walandawe ada sekitar 50 hektare yang baru terbuka sejak 2018, namun untuk potensi sawah ada lebih 100 hektare.

Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba menjelaskan, perbaikan jalan merupakan program prioritas dari green design yang telah disiapkan.

Baca Juga: Dukung UMKM Pemkab Perbaiki Jalan Eks STQ Konawe

"Pembangunan jalan ini harus komprehensif, terpadu, tidak ada spot yang lebih diprioritaskan, tapi keseluruhan akan diperbaiki," jelasnya.

Terkait pupuk, Pj bupati menjelaskan, akan menyalurkan sesuai dengan kebutuhan jumlah lahan petani yang benar ada lahan persawahannya.

"Untuk saluran irigasi akan langsung ditinjau dan dilakukan perbaikan," tandasnya. (A-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga