Hampir Setahun Terbengkalai, Gedung SD Terbakar di Kendari Kini Ditumbuhi Rerumputan

Riksan Jaya, telisik indonesia
Kamis, 22 Februari 2024
0 dilihat
Hampir Setahun Terbengkalai, Gedung SD Terbakar di Kendari Kini Ditumbuhi Rerumputan
Bekas rumdis yang terbakar dan sudah tak berbentuk (kiri), ruang kelas yang sudah ditumbuhi rerumputan (tengah), dan tampak atas gedung kelas yang terbakar (kanan). Foto: Riksan Jaya/Telisik

" Dua gedung milik Sekolah Dasar Negeri (SDN) 16 Kendari yang terbakar dalam waktu yang berbeda, sampai saat ini belum juga ada perbaikan "

KENDARI, TELISIK.ID - Dua gedung milik Sekolah Dasar Negeri (SDN) 16 Kendari yang terbakar dalam waktu yang berbeda, sampai saat ini belum juga ada perbaikan. Kedua gedung tersebut adalah gedung kelas dan sebuah rumah dinas (rumdis).

Kepala Sekolah SDN 16 Kendari, Fitriani T. mengatakan, sesuai dengan hasil penelusuran pihak kepolisian bahwa penyebab terjadinya kebakaran gedung kelas tersebut adalah korsleting listrik.

“Sudah ditutup sama pihak kepolisian, kesimpulanya waktu itu karena arus listrik,” imbuhnya, Rabu (21/2/2024).

Fitriani menjelaskan, dirinya tidak mengetahui persis kejadian tersebut, sebab saat itu sedang libur sekolah. Ia sedang libur cuti bersama menjelang hari raya Idul Fitri tahun 2023.

“Kejadiannya tahun lalu yang jelas bulan puasa, sore hari. Pas harinya itu kan kebetulan saya pulang kampung. Saya ditelepon sama saya punya teman, kan cuti bersama itu hari semua PNS menjelang Idul Fitri,” jelasnya.

Baca Juga: Kekurangan Fasilitas, Sekolah PAUD Mangga Dua Kendari Harap Bantuan Pemerintah

Terlihat juga di sebelah kiri gedung kelas terdapat sebuah gedung tak berbentuk yang merupakan bekas rumah dinas guru yang pernah terbakar. Fitriani mengatakan bahwa rumdis tersebut sudah terbakar sejak lama, bahkan sebelum ia menjabat sebagai kepala sekolah, sekitar tahun 2018-2019.

Udin Latawu, Kepala Sekolah sebelumnya  mengatakan bahwa penyebab kebakaran rumah dinas tersebut dikarenakan masalah yang sama yakni korsleting listrik.

Baca Juga: Perpustakaan di Sekolah Ini Rusak Parah, Ancam Keselamatan Siswa

“Setahu saya, kosleting listrik,” jawabnya saat dihubungi via WhatsApp, Rabu (21/2/2024).

Machlil Rusmin, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kendari, mengatakan bahwa gedung tersebut akan direnovasi tahun ini.

“Baru tahap perencanaan, insyaAllah 2024 ini sudah dianggarkan pembangunannya,” ujarnya, Rabu (21/2/2024). (A)

Penulis: Riksan Jaya

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga