Hanya Produksi Motor, Ternyata Ini Alasan Kenapa Yamaha Tak Pernah Jual Mobil

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Rabu, 11 Oktober 2023
0 dilihat
Hanya Produksi Motor, Ternyata Ini Alasan Kenapa Yamaha Tak Pernah Jual Mobil
Sejauh ini Yamaha hanya memiliki produk sepeda motor dan mesin perahu atau kapal laut. Foto: Repro Dailynotif.com

" Untuk saat ini, prinsipal Yamaha di Iwata, Jepang, hanya fokus memproduksi kendaraan roda dua. Terlebih Yamaha sudah berkolaborasi dengan merek mobil Toyota "

KENDARI, TELISIK.ID - Anda pasti sering melihat logo atau nama merek Yamaha di produk sepeda motor, namun tidak dengan mobil. Padahal kalau diperhatikan merek saingannya seperti Honda dan Suzuki, punya produk motor maupun mobil.

Dilansir dari Oto.detik.com, President Director & CEO Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Dyonisius Beti menjelaskan alasan kenapa Yamaha tak ikut terjun ke industri roda empat. Menurut Dyon, Yamaha memiliki kemampuan memproduksi mesin mobil.

Namun untuk saat ini, prinsipal Yamaha di Iwata, Jepang, memang hanya fokus untuk memproduksi kendaraan roda dua. Terlebih Yamaha sudah berkolaborasi dengan merek mobil Toyota.

"Yamaha motor di Jepang telah bekerja sama untuk memproduksi beberapa engine besar untuk Lexus. Dan kolaborasi kita dengan Toyota. Kita sendiri memang, Toyota ada investasi di Yamaha. Jadi kita belum merencanakan saat ini untuk produksi mobil," kata Dyon di YIMM West Java, Karawang.

Baca Juga: Yamaha XSR 155, Motor Fitur Modern tapi Gaya Retro Klasik

Yamaha memang pernah memasok mesin buat Toyota, tepatnya pada 1966. Ketika itu Yamaha bekerja sama dengan Toyota untuk meracik mesin mobil sedan Toyota 2000GT. Pada tahun 1989, Yamaha Motor juga mulai berpartisipasi dalam Formula 1.

Tak hanya itu, Yamaha kemudian juga mengembangkan mesin supercar Lexus LFA. Yamaha Motor juga mengembangkan dan memproduksi sistem suspensi dan produk lainnya dengan menggunakan teknologi terkait.

Baca Juga: Motor Matic Yamaha Ini Mirip Vespa

Dikutip dari Uzone.id, sebagai tambahan informasi, Toyota saat ini memiliki 5 persen saham Yamaha Motor. Sementara Yamaha Corp dan Yamaha Motor juga memiliki saham di Toyota.

Global Factory YIMM West Java sendiri saat ini sudah memproduksi mesin untuk motor besar seperti MT-07. Di sisi lain, Yamaha juga membuat ROV sebagai kendaraan roda empat untuk pasar Amerika dengan mesin berkapasitas 1.000 cc. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga