Harga Cabai dan Bawang Merah Merosot Turun, Emak-Emak Berlomba Membeli

Reza Fahlefy, telisik indonesia
Rabu, 19 April 2023
0 dilihat
Harga Cabai dan Bawang Merah Merosot Turun, Emak-Emak Berlomba Membeli
Emak-emak sedang berbelanja kebutuhan pokok cabai merah dan bawang putih di Pasar Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara. Foto: Reza Fahlefy/Telisik

" Harga cabai dan bawang merosot turun 2 hari menjelang hari raya Idul Fitri 1444 Hijiriah, di Pasar Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara "

MEDAN, TELISIK.ID - Harga cabai dan bawang merosot turun 2 hari menjelang hari raya Idul Fitri 1444 Hijiriah, di Pasar Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara, Rabu (19/4/2023).

Salah seorang pedagang bernama Anawati mengaku bahwa harga kebutuhan pokok seperti cabai merah, cabai rawit, bawang merah dan bawang putih turun selama dua hari ini.

"Sudah dua hari ini harga kebutuhan pokok turun. Harga cabai merah Rp 17 ribu per kilogramnya, padahal dua hari yang lalu (Selasa) harga cabai merah ini mencapai Rp 25 ribu," katanya.

Sedangkan untuk cabai rawit harganya hanya Rp 13 ribu per kilogram. Dua hari sebelumnya, mencapai Rp 25 ribuan.

"Jadi, untuk cabai rawit juga mengalami penurunan. Begitu juga dengan harga bawang merah, hari ini harganya Rp 17 ribu. Sedangkan dua hari sebelumnya mencapai Rp 30 ribu," ungkapnya.

Baca Juga: Jelang Ramadan Harga Cabai di Kolaka Utara Semakin Pedas

Akan tetapi, harga bawang putih mengalami kenaikan. Hari ini harganya Rp 28 ribu. Padahal, dua hari yang lalu harganya hanya Rp 25 ribu.

"Jadi, hanya bawang putih yang mengalami kenaikan harga yang signifikan. Kami tidak tahu apa penyebabnya harga bawang putih menjadi mahal saat ini. Kami juga tidak tahu apakah harga kebutuhan pokok seperti cabai ini akan berubah atau tidak untuk besok dan lusa (Kamis dan Jumat)," tuturnya.

Diakui Anawati, sejumlah kebutuhan pokok itu dibelinya dari Pasar Induk di Kota Medan. Mereka setiap hari belanja di pasar induk.

"Kami tidak mau banyak-banyak stok, takutnya setiap hari harga berubah. Setiap harinya, cabai merah, cabai rawit dan bawang merah bisa habis terjual 100 kilogram," terangnya.

Turunnya harga sejumlah kebutuhan pangan itu dimanfaatkan emak-emak yang ramai-ramai membeli untuk kebutuhan lebaran. Diantaranya Sulastri yang membeli bawang merah dan bawang putih.

Baca Juga: Cabai dan Beras Turut Dominasi Kenaikan Harga di Muna Barat

"Iya, beli bawang banyak hari ini. Harga murah dan sangat dibutuhkan. Mau buat kue bawang," kata Sulastri ketika ditemui di Pasar Tanjung Morawa.

Sulastri mengaku sangat terbantu dengan turunnya harga bahan pokok menjelang lebaran. Karena mempengaruhi pengeluaran untuk persiapan santapan lebaran nanti.

"Iya, Alhamdulillah jika harga kebutuhan pokok turun seperti hari ini. Mudah mudahan untuk besok dan lusa harga tetap normal," harapnya. (B)

Penulis: Reza Fahlefy

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga