Harga Sembako Melonjak Drastis, Warga Tercekik

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Selasa, 21 April 2020
0 dilihat
Harga Sembako Melonjak Drastis, Warga Tercekik
Pasar Sentral Kota Kendari. Foto: Ibnu/ Telisik

" Ini wajar karena mau masuk bulan puasa, apalagi sekarang ada corona. "

KENDARI, TELISIK.ID - Menjelang bulan suci Ramadan, harga Sembilan Bahan Pokok (Sembako) di Pasar Sentral Kendari melonjak drastis. Tentu saja hal itu makin memperparah kondisi ekonomi warga yang sudah menurun sejak COVID-19 mewabah.

Pedagang sembako di Pasar Sentral Kota Kendari, Laode Maesa, mengatakan, melonjaknya harga dapat dilihat dari harga gula yang sebelumnya Rp12.500 saat ini sudah menyentuh diharga Rp22.000 perkilogram. Beras yang sebelumnya Rp550.000 per 50 kg, kini sudah Rp600.000. Minyak goreng yang sebelumnya Rp25.000, kini sudah Rp28.000. Telur yang sebelumnya Rp40.000 perrak, kini sudah Rp50.000.

"Rata-rata harga sembako sudah naik," ujarnya, Selasa (21/4/2020).

Baca juga: Pasien COVID-19 di Bahteramas Olahraga di Ruang Isolasi

Maesa menambahkan, hal tersebut merupakan suatu kewajaran dikarenakan momen menjelang bulan Ramadan dan juga ditambah lagi adanya wabah COVID-19.

"Ini wajar karena mau masuk bulan puasa, apalagi sekarang ada corona," tambahnya

Warga yang melakukan aktivitas perbelanjaan di pasar tersebut pun mengaku serasa tercekik dengan melonjaknya harga yang sangat drastis.

"Mengerikan sekali harganya sembako sekarang, dicekik kita punya leher. Kita tidak mau beli, kita butuh makan," ungkap Faima.

Warga pun berharap kenaikan tersebut dapat menjadi perhatian pemerintah di Sulawesi Tenggara (Sultra).

 

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Rani

Baca Juga