Harganas di Tengah COVID-19, Momentum Tingkatkan Kualitas Keluarga

Musdar, telisik indonesia
Senin, 29 Juni 2020
0 dilihat
Harganas di Tengah COVID-19, Momentum Tingkatkan Kualitas Keluarga
Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3A PPKB) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Tenri Rawe Silondae (ketiga dari kiri), dalam kegiatan Harganas tingkat Provinsi Sultra. Foto: Ist.

" Karena protokol COVID-19 dimulai dari lingkungan keluarga. "

KENDARI, TELISIK.ID - Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXVII menjadi momentum untuk mewujudkan ketahanan keluarga. 

Terlebih Harganas 2020 diperingati di tengah suasana pandemi COVID-19, dimana masyarakat lebih banyak menghabiskan waktu bersama keluarga.

Kepala Dinas Pembeberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3A PPKB) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Tenri Rawe Silondae berharap dalam momentum pandemi ini, keluarga dapat menjadi perhatian utama.

"Karena protokol COVID-19 dimulai dari lingkungan keluarga," terang Tenri, Senin (29/6/2020).

Tenri mengajak seluruh masyarakat Sultra untuk menjaga dan mempertahankan ketahanan keluarga agar terwujud keluarga yang bahagia.

Baca juga: Mainkan Harga Elpiji 3 Kg, Izin Agen akan Dicabut

"Karena keluarga yang bahagia dan sejahtera merupakan impian kita bersama," jelasnya.

Sementara itu, Harganas yang dikeluarkan Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), diperingati dengan tujuan untuk menumbuhkan rasa kebersamaan. 

Harganas membantu untuk mengaktifkan fungsi-fungsi yang ada di dalam keluarga. Keluarga tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan atau fungsi ekonomi saja, tetapi diperlukan fungsi lain yang tidak kalah penting. 

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1992 dan PP Nomor 21 Tahun 1994 menjelaskan tentang minimum fungsi yang harus dijalankan oleh keluarga, yaitu fungsi agama, sosial budaya, cinta kasih, melindungi, menerima, pendidikan, ekonomi dan fungsi pembinaan lingkungan.

Reporter: Musdar

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga