Hari Buruh, Ratusan Pekerja Serbu Jembatan Fly Over Makassar

Rezki Mas'ud, telisik indonesia
Sabtu, 01 Mei 2021
0 dilihat
Hari Buruh, Ratusan Pekerja Serbu Jembatan Fly Over Makassar
Ratusan pekerja buruh berkumpul di bawah jembatan fly over memperingati hari buruh. Rezki Mas'ud/Telisik

" Kita tolak omnibus law. Kita harus mempertahankan hak-hak buruh yang ada saat ini "

MAKASSAR, TELISIK.ID - Ratusan buruh dari berbagai organisasi serikat memperingati Hari Buruh atau May Day dengan aksi turun ke jalan di Kota Makasssar, Sulawesi Selatan, Sabtu (1/5/2021).

Dalam aksinya, mereka menuntut pembatalan UU Cipta Kerja Omnibus Law, serta meminta pemerintah mewujudkan pendidikan gratis ilmiah dan demokratis bagi para buruh.

Baca Juga: Satpol PP Susun Jadwal Penertiban Anak Jalanan di Kendari

Dari pantauan Telisik.id, aksi ini dilakukan di depan pintu dua Kawasan Industri Makassar yang menjadi tempat titik kumpul para buruh. Mereka bergerak ke lokasi titik aksi di bawah jembatan fly over Makassar.

Para buruh tampak membawa berbagai spanduk maupun bendera dalam aksi peringatian May Day yang jatuh setiap tanggal 1 Mei.

Koordinator aksi demo dengan pengeras suara juga mengimbau kepada para rekan-rekannya agar tetap menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, jaga jarak, dan menggunakan hand sanitizer.

Di tahun 2021 ini, para buruh menuntut pembatalan UU Cipta Kerja Omnibus law, menolak upah murah, serta meminta pemerintah harus mewujudkan pendidikan gratis bagi para buruh.

Baca Juga: May Day 2021, Menaker: Momentum Perkuat Persaudaraan Hadapi Pandemi

"Kita tolak omnibus law. Kita harus mempertahankan hak-hak buruh yang ada saat ini," ujar salah seorang koordinator aksi.

Rencananya, para buruh yang tergabung dalam Aliansi Perjuangan Rakyat ini akan kumpul di bawah fly over Makassar dengan jumlah massa sekitar 200 orang dari sembilan organisasi buruh. (B)

Reporter: Rezki Mas'ud

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga